Tampilan Desktop


Antisipasi DBD, Ini yang Dilakukan Dinas Kesehatan Kota Kendari
154 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI –  Dinas Kesehatan kota Kendari, Sulawesi Tenggara menyiapkan beberapa program untuk mengantisipasi mewabahnya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang  datang ketika musim penghujan tiba.

Maryam Rufiah dinkes kendari

Maryam Rufiah

Kepala Dinas Kesehatan  Kota Kendari, Maryam Rufiah mengatakan, ada empat program yang telah disiapkan oleh pihaknya untuk mengantisipasi mewabahnya DBD. Program yang pertama, memberikan penyuluhan hidup bersih bagi masyarakat Kota Kendari.

Program selanjutnya kata Maryam, dengan melakukan kegiatan abatenisasi di 64 kelurahan yang ada di Kota Kendari. Pembagian abatenisasi ini diharapkan dapat memberantas berkembang biaknya jentik nyamuk aides aygepti.

“Setelah melakukan penyuluhan hidup bersih dan pembagian bubuk abatenisasi, kami juga mensosialisasikan program 3 M. 3 M ini yakni, menutup, membersihkan dan mengukur,”jelasnya, diruang kerjanya, Jumat (8/1/2016).

Langkah terakhir yang dilakukan oleh Dinkes terang mantan kepala Rumah Sakit Abunawas ini yakni, melakukan fogging diwilayah -wilayah yang dinilai sangat rawan mewabahnya penyakit DBD.

Namun begitu Maryam menuturkan, keempat program tersebut menjadi tidak maksimal jika masyarakat tidak memiliki kesadaran yang baik untuk menjaga kebersihan lingkungannya.

Selain itu dia mengharapkan, masyarakat segera melaporkan ke puskesmas terdekat jika telah ada pasien DBD di wilayahnya. Sehingga ada langkah antisipasi sejak dini yang dilakukan.

 

Penulis.: Rasman Saputra
Editor  : Tahir Ose

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com