Tampilan Desktop



Antisipasi Jajanan Tidak Layak Konsumsi, Dinas Tanaman Pangan Sosialisasi Jajanan Sehat
165 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Dinas Pangan Kota Kendari bersama dengan Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) akan melakukan sosialisasi jajanan sehat anak sekolah di sepuluh sekolah dasar di Kecamatan Kendari Barat, 27 Februari sampai dengan 3 Maret mendatang.

Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan Dinas Pangan Kota Kendari, Ida Rianti

Ida Rianti

Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan Dinas Pangan Kota Kendari, Ida Rianti mengatakan, sepuluh sekolah dasar yang akan menjadi lokasi sosialisasi diantaranya, SD 2 Kendari Barat, SD 3 Kendari Barat, SD 4 Kendari Barat, SD 6 Kendari Barat, SD 8 Kendari Barat, SD 10 Kendari Barat, SD 11 Kendari Barat dan SD 14 Kendari Barat.

Sekolah dasar sebagai lokasi sosialisasi jajanan anak ini kata Idha, lantaran ditingkat sekolah dasar inilah banyak jajanan yang tidak layak konsumsi tetapi masih minimnya pengetahuan guru dan pengelola kantin membuat jajanan tersebut bebas beredar.

“Dalam sosialisasi ini kami bersama dengan BPOM Kota Kendari melakukan arahan bagi pengelola kantin dan guru agar bisa mengawasi jajanan yang dikonsumsi oleh para siswa. Sebab masih banyak dari para siswa SD yang tidak paham akan bahaya mengkonsumsi jajanan tidak sehat, “jelasnya, di ruang kerjanya, Senin (17/2/2017).

Sementara itu Kepala SD Negeri 3 Kendari Barat, Munajirah mengungkapkan, sosialisasi seperti ini sangat penting. Sebab selain memberikan pemahaman tentang jenis jajanan sehat yang bisa dikonsumsi siswa. Pihaknya juga bisa meminimalisir kemungkinan para siswa belanja jajanan sembarang.

Khusus untuk kantin sekolah lanjutnya, pasca sosialisasi ini pihaknya akan memberikan peringatan untuk menjajakan jajanan yang layak dan sesuai standarisasi yang telah disampaikan BPOM dan Dinas Pangan Kota Kendari.

“Kami tentunya tidak menginginkan akibat jajanan yang tidak baik akan menyebabkan banyak siswa yang terserang penyakit. Jadi sosialisasi jajanan anak ini sangat banyak memberikan manfaat postif buat kami, “ujarnya. (B)

 

Reporter : Rasman Saputra
Editor : Tahir Ose

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com