Tampilan Desktop


Aparatur Desa di Mubar Butuh Peningkatan Kapasitas Kelola Dana Desa
43 Dibaca

ZONASULTRA.COM, LAWORO – Penyaluran dana desa di Kabupaten Muna Barat, Sulawesi Tenggara (Sultra) sudah sesuai dengan prosedur, hanya saja banyak aparatur desa termasuk kepala desa yang ternyata belum memahami administrasi pengelolaan dana desa itu sendiri.

Ali Fakara

Ali Fakara

“Kendalanya kita sekarang ini adalah kurangnya sumber daya manusia dalam pengelolaan administrasi dana desa di tiap-tiap desa,” kata Ali Fakara, Kepala Bidang Badan Pemerintahan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Muna Barat saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (24/6/2016).

Maka dari itu, kata Ali, perlu dilakukan banyak pelatihan dan peningkatan kapasitas untuk memberikan pemahaman kepada para aparatur desa dalam mengelola dana desa yang baik sesuai dengan prosedur sehingga tidak lagi terjadi penyimpangan.

“Kalau mereka sudah paham kan kita tinggal liat laporannya sesuai prosedur atau tidak,” ujarnya.

Ali menambahkan, rencananya pada Juli nanti Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi RI akan memberikan pelatihan kepada para aparatur desa di Muna Barat.

“Tahun lalu banyak kepala desa yang tidak paham administrasi, namum kami masih tolerir dan kami juga mengerti karena banyak kepala desa yang berasal dari berbagai latar belakang pendidikan berbeda,” jelas Ali. (C)

 

Reporter: Laode Pialo
Editor: Jumriati

View all contributions by

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com