Tampilan Desktop


Apple dan Samsung Bakal Hapuskan Kartu SIM?
23 Dibaca

ZONASULTRA.COM – Kartu SIM seperti yang beredar saat ini tampaknya bakal hilang. Apple dan Samsung kabarnya sudah berdiskusi dengan sejumlah operator seluler untuk mengembangkan sebuah standar kartu SIM baru, yang memungkinkan pengguna berganti operator.

Terminologinya, sejauh ini, yang disebut-sebut adalah e-SIM yang ‘melekat’ di dalam ponsel. Pengguna bisa berganti operator tanpa perlu membeli kartu baru. Pergantian provider cukup dilakukan di antarmuka ponsel.

Standar baru itu disebut-sebut bakal meluncur pada tahun depan. Meski begitu Apple sebetulnya sudah melangkah ke sana sejak tahun lalu, dengan memperkenalkan Apple SIM pada iPad yang mendukung konektivitas Long Term Evolution (LTE).

Apple SIM memungkinkan pengguna iPad berganti operator. Seperti diberitakan Financial Times, yang dikutip dari CNN Indonesia, Minggu (19/7/2015), ada kemungkinan model ini pun akan diterapkan pada perangkat iPhone sebelum e-SIM muncul.

Dengan menghilangkan tempat kartu SIM seperti yang ada di ponsel-ponsel saat ini, pabrikan ponsel akan berpeluang menciptakan ponsel yang lebih tipis lagi.

GSM Association mengatakan kebanyakan operator terlibat dalam proses peralihan ke e-SIM. Di antaranya termasuk AT&T, Deutsche Telekom, Vodafone, Telefonica, dan Orange. Asosiasi itu mengkonfirmasi bahwa Apple dan Samsung berpartisipasi dalam pengembangan standar baru itu.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com