Tampilan Desktop


Arhawi Canangkan Wakatobi Sebagai Kabupaten Maritim Pertama di Indonesia
134 Dibaca

Arhawi Canangkan Wakatobi Sebagai Kabupaten Maritim Pertama di Indonesia

KABUPATEN MARITIN – Kepala Deputi II Kementrian Koordinator (Kemenko) Maritim RI, Agung Kuswandono turut melouncing Wakatobi sebagai kabupaten maritim di anjungan Kapal Motor (KM) Simba, Pelabuhan Kapal Malam Kendari, Selasa (28/6/2016) sore. Wakatobi jadi daerah pertama di Indonesia yang mencanangkan kabupaten maritim. (Muhamad Taslim Dalma/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI -Arhawi yang baru saja dilantik menjadi bupati Wakatobi periode 2016-2021 langsung mencanangkan Wakatobi sebagai kabupaten maritim. Pencanangan tersebut dilauncing di anjungan Kapal Motor (KM) Simba, Pelabuhan Kapal Malam Kendari, Selasa (28/6/2016) sore.

Kepala Deputi II Kementrian Koordinator (Kemenko) Maritim RI, Agung Kuswandono mengatakan, dengan segala sumber daya yang ada Wakatobi sangat tepat untuk pengembangan kemaritiman. Hal itu akan dikembangkan secara bersama-sama untuk menjadi destinasi pariwisata unggulan di Indonesia.

“Setahu saya ini baru pertama dicanangkan kabupaten maritim di Indonesia.Untuk menjadi kabupaten maritim seutuhnya tergantung penduduknya karena yang paling penting penduduknya juga harus siap untuk menjadi daerah wisata,” kata Agung yang menghadiri acara tersebut.

Arhawi mengatakan konsep kabupaten maritim lahir dari sebuah cita-cita besar masyarakat Wakatobi untuk mengembangkan kemaritiman (berhubungan dengan pelayaran dan perdagangan di laut). Secara kebetulan hal itu sejalan dengan salah satu program Nawacita Jokowi yakni negara maritim.

Menurut Arhawi, selama 10 tahun Wakatobi sudah terpromosi sebagai daerah wisata di bawah kepemimpinan Hugua. Sekarang saatnya merebut momen bagaimana caranya mempercepat pembangunan infrastruktur daerah melalui aspek kemaritiman untuk menunjang pariwisata.

Kemenko maritim yang baru ada di era Jokowi, kini bisa mengkoordinasikan dengan kementrian terkait seperti Kementrian Perhubungan dan Kementerian PU akan ikut serta membangun Wakatobi.

Jika Wakatobi sukses sebagai kabupaten maritim, kata Arhawi, maka akan menjadi percontohan di seluruh Indonesia. (B)

 

Reporter: Muhamad Taslim Dalma
Editor: Jumriati

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com