Tampilan Desktop

AS Tamrin Paparkan Sejarah Kota Baubau
155 Dibaca

hut-bau-bau

HUT Baubau – Walikota Baubau AS TAmrin, Wakil Walikota Baubau Wa Ode Maasra Manarfa, bersama Ketua DPRD Kota Baubau H Roslina Rahim saat menghadiri Upacara bendera peringatan Hari Jadi Kota Baubau ke 475 dan HUT Kota Baubau ke 15 sebagai daerah Otonom (Foto : Mulyadi/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, BAUBAU – Puncak hari jadi kota Baubau ke-475 dan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Baubau ke-15 sebagai daerah otonom ditandai dengan upacara bendera di lapangan kantor Walikota Baubau, Senin (17/10/2016). Upacara ini dipimpin langsung Walikota Baubau AS Tamrin.

Walikota Baubau AS Tamrin dalam sambutannya mengungkapkan, momentum hari bersejah kali ini merupakan satu bagian yang tak terpisahkan dalam menghargai jasa para pendahulu dan para tokoh pemekaran Kota Baubau.

“Sebelum menjadi daerah yang berkembang saat ini Kota Baubau harus melewati beberapa dekade sejarah yang tak dapat terpisahkan dari terbentuknya Kota Baubau,” ujar AS Tamrin.

Ia memaparkan sejarah telah mencatat Kota Baubau sebagai pusat pemerintahan kerajaan dan kesultanan Buton masa lampau juga menjadi spirit pembangunan saat ini. Dalam sejarah terbentuknya Baubau pada masa kerajaan Buton terdahulu dimana Mia Pata Miana (yakni Sijawangkati, Sipanjonga, Sitamanajo, dan Simalui) merupakan tokoh bersejarah sehingga terpilihlah raja pertama yakni Raja Wakaka seorang perempuan pilihan dari Mia Pata Miana.

hut-baubau

Siswa SMAN 2 Baubau saat memberikan kue ulang tahun ke 15 Kota Baubau sebagai daerah Otonom Kepada Walikota Baubau AS Tamrin saat Upacara Peringatan HUT Kota Baubau.

 

Selanjudnya dimasa raja ke-6 dan sekaligus mendeklarasikan terbentuknya masa kesultanan di tanah Buton. Raja ke-6 dan Sultan pertama yakni Sultan Murhum Kaimuddin Khalifatul Khamis memimpin Kesultanan Buton. Selanjudnya dimasa bergabungnya Kesultanan Buton di NKRI hingga saat ini menjadi daerah otonom sejak tahun 2001.

Atas sejarah inilah Kota Baubau menjadi salah satu daerah yang kaya akan budaya dan situs budaya yang masih terjaga dan dilestarikan. Kota Baubau diusianya ke 15 tahun tentu telah memberikan kemajuan yang berarti, sebagai pintu gerbang perdagangan di Kepulauan Buton juga memberikan andil dalam perkembangan ekonomi masyarakat Kota Baubau.

Sebagai kepala daerah saat ini kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak dan terlebih khusus kepada tokoh masyarakat, pengusaha dan tokoh wanita yang sudah memberikan peran sertanya dalam membangun Kota Baubau.

hub-baubau2

Parade Merchen bend siswa SMPN 1 Baubau dalam uapaca peringatan HUT Kota Baubau ke 15 di Kantor Walikota Baubau Senin (17/10/2016)

“Selamat Hari Jadi Kota Baubau ke-475 dan Selamat Ulang Tahun ke 15 sebagai daerah Otonom sehingga tetap menjadi daerah yang maju dan sejahtra,” tutup Walikota Baubau.

Upacara peringatan HUT Kota Baubau ke-15 tahun 2016 ini dihadiri pula kepala daerah diantaranya, Wakil Bupati Buton La Bakry, Anggota DPD RI Hamsina Boolu, Ketua DPRD Kota Baubau Roslina Rahim, Sultan Buton La Ode Izat Manarfa, mantan pejabat Bupati dan Walikota Baubau serta unsur Muspida Kota Baubau. (B)

 

Reporter : Mulyadi
Editor   : Rustam

Tagged with:
DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com