Tampilan Desktop

Asrun: Penjaringan Pikada Menunggu Ketua PAN Sultra Terpilih
72 Dibaca

Asrun Ketua DPW PAN Sultra?

Asrun

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Partai Amanat Nasional (PAN) dipastikan belum akan membuka penjaringan bakal calon kepala daerah 7 daerah pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2017 di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN Kendari Asrun mengatakan tahapan penjaringan bisa dimulai asalkan sudah ada Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Sultra yang terpilih. Sampai saat ini belum diketahui siapa yang terpilih menjadi ketua DPW PAN karena diambil alih oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

“Saya tidak tahu siapa yang jadi Ketua DPW karena itu sudah kewenangan DPP. Sejauh ini saya belum dapat informasi dari DPP karena baru datang dari umrah. Mudah-mudahan PAN dalam keadaan baik-baik saja,” kata Asrun yang juga walikota Kendari ini di Kendari, Senin (11/4/2016).

Jika dalam Bulan April 2016 Ini DPP sudah menentukan Ketua DPW PAN Sultra maka musyawarah daerah (Musda) di setiap kabupaten akan segera dilakukan. Kata Asrun, dalam Musda itu akan lahir komposisi kepengurusan baru yang siap menangani Pilkada.

Dipastikan bulan 5 Mei 2016 PAN di Sultra bisa menyelesaikan tahapan penjaringan. Lanjut Asrun, meskipun PAN belum membuka penjaringan namun kader-kader yang berniat tampil sudah melakukan pergerakan.

Sebelumnya, mantan Sekretaris DPW PAN Sultra Abdurrahman Saleh (ARS) mengungkapkan, Ketua DPW PAN Sultra terpilih sudah ada dan kepengurusan baru siap dibentuk. Informasi itu didapatkannya dari DPP PAN di Jakarta. Ketika ditanya apakah Nur Alam kembali terpilih, ARS enggan mengakuinya.

Seperti diketahui, dari lima formatur yang ditetapkan DPP, hanya Nur Alam yang tidak hadir dalam rapat formatur Februari 2016 lalu. Namun demikian rapat formatur tetap dilangsungkan dengan dipimpin ARS dan membuahkan hasil bahwa tiga orang formatur, Abdurrahaman Saleh, Kery Saiful Konggoasa, Umar Samiun sepakat memilih Nur Alam memimpin PAN untuk periode ke 4, sementara Asrun tetap berkeras memilih dirinya sendiri.

Dokumen hasil rapat tersebut dikirim ke DPP namun ditolak karena rapat formatur tidak mencapai mufakat (Asrun tak memilih Nur Alam). Untuk memilih ketua maka semua anggota formatur harus mempunyai 1 pilihan yang sama.

DPP PAN telah memberikan jangka waktu hingga 1 bulan sejak berakhirnya Muswil hingga 20 Maret 2016. Karena tidak ada kata mufakat, maka kini pemilihan Ketua DPW PAN Sultra diambil alih DPP. (A)

 

Penulis : Muhamad Taslim Dalma
Editor : Tahir Ose

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com