Tampilan Desktop

Atasi Kekeringan, Pemkab Konut Rancang Mesin Pompa Air Tanpa Listrik dan BBM
96 Dibaca

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU-Pemerintah Kabupaten Konawe Utara (Konut) Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali membuat terobosan baru di bidang pertanian. Kali ini mesin pompa air berteknologi tinggi.

Ruksamin

Ruksamin

Meski belum dijelaskan secara detail mengenai mesin pompa ini, namun mesin ini mampu memancarkan air hingga 12 meter. Dalam pengoperasiannya tidak menggunakan listrik ataupun bahan bakar minyak.

“Kita sudah merancang pembibitan padi tanpa glukosa. Sekarang kita sementara merancang mesin pompa air tanpa membebani masyarat kita. Mesin ini bertujuan untuk mengatasi kekeringan yang terjadi di area persawahan, sehingga mampu meningkatkan kualitas hasil pertanian di wilayah Konut,” kata Ruksamin ditemui usai melantik BPD di Kecamatan Lembo, Jumat (4/11/2016).

Mesin pompa air yang diberi nama konasara itu diyakini Ruksamin akan menarik minat banyak orang, tidak hanya di wilayah Sultra saja, tetapi juga di daerah lain di Indonesia.

Dia menambahkan, selain mesin konasara, dirinya juga akan merancang hasil perkebunan seperti buah dan sayuran berlabel konasara dengan pengolahan berteknologi canggih.

“Pokoknya baik mesin atau hasil pertanian dan perkebuanan ke depannya akan diberi label konasara. Mesinnya segera kita akan luncurkan pasti kita akan publikasikan nanti,” tutupnya. (C)

 

Reporter: Jefri
Editor: Jumriati

JN ZonaSultra

View all contributions by JN ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com