Tampilan Desktop



Atasi Kekumuhan, Satpol PP Tertibkan Pasar Minaminanga Kulisusu
86 Dibaca

Atasi Kekumuhan, Satpol PP Tertibkan Pasar Minaminanga Kulisusu

PENERTIBAN PASAR : Penertiban tempat para pedagang pasar Minaminanga Kecamatan Kulisusu oleh Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Buton Utara (Butur). Penertiban ini merupakan upaya Pemerintah Daerah (Pemda) untuk mengatasi kekumuhan dan menjaga keindahan pasar. (Istimewa)

 

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Buton Utara (Butur) melakukan penertiban tempat para pedagang pasar Minaminanga Kecamatan Kulisusu. Hal itu merupakan upaya Pemerintah Daerah (Pemda) untuk mengatasi kekumuhan dan menjaga keindahan pasar.

Bidang Ketenteraman dan Ketertiban Umum Sat Pol PP Butur, Ja’war mengatakan, langkah tersebut merupakan program kerjasama pemerintah daerah melalui instansi terkait, yakni antara Satpol PP dan Disperindag dalam penegakan aturan agar para pedagang lebih terarah.

“Target kita agar jualan ini tidak dicampur dengan jualan lain, seperti penjual ikan dengan penjual makanan khususnya kue-kue agar terjaga higienisnya,” jelasnya, Jum’at (10/3/2017).

Sementara itu, Dinas Perindag Butur melalui Bidang Pengelolaan Pasar, Hazimuddin Hamdan mengatakan, penertiban itu dilakukan sudah melalui sosialisasi selama dua minggu, dan satu minggunya persuasif.

“Selama waktu yang ditentukan, para pedagang belum membongkar tempat jualan, sehingga kami bersurat kepada instansi terkait, untuk turun bersama-sama menertibkan para pedagang,” ujarnya.

Perindag bukanlah leading sektor, tetapi masuk dalam tim Pemda yang melibatkan Perindag, Kesbang Pol, Perhubungan, Sat Pol PP, Inspektorat, Keuangan, dan pihak Polisi untuk bersama-sama ke lapangan. Dia berharap, kedepannya kesadaran pedagang dapat terbangun, sehingga kenyamanan pasar juga dapat terwujud.

“Minta kesadarannyalah, kalau bisa kita jaga kenyamanan pasar ini bersama, paling tidak kita meminimalisir kekumuhan pasar,” harapnya. (B)

 

Reporter : Irsan Rano
Editor : Kiki

DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free