Tampilan Desktop


Bagaimana Media Lokal Sultra Memberitakan Isu Lingkungan? Ini Hasil Pantauan AJI
128 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Sejumlah media lokal di Sulawesi Tenggara (Sultra) dinilai cukup maksimal dalam melakukan pemberitaan mengenai isu lingkungan. Hal ini berdasarkan pantauan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kendari yang diuangkapkan dalam acara Focus Grup Discussion “Isu Lingkungan dalam Perspektif Media Lokal di Sultra” di Hotel Athaya Kendari, Sabtu (30/5/2015).

Kordinator acara La Ode Pandi Sartiman mengatakan, saat ini yang pelu dikembangkan media lokal adalah kemampuan jurnalisnya untuk mengupas secara dalam mengenai masalah lingkungan. AJI berharap, ke depan, para jurnalis dapat lebih berkomitmen mengangkat isu lingkungan, bukan hanya permukaannya saja tapi secara menyeluruh hingga ke akar-akarnya.
Adapun empat media yang dimonitoring AJI adalah Kendari Pos, Rakyat Sultra, Berita Kota, dan Bau-Bau Pos. Keempatnya, menurut Pandi sudah menyediakan konten atau halaman khusus lingkungan, hanya saja para wartawannya yang belum memaksimalkan halaman lingkungan tersebut.
“Alasan keempat media itu dijadikan tolak ukur pemberitaan lingkungan di Sultra karena media-media itu selama ini cukup kapabel dalam pemberitan lingkungan sehingga kawan-kawan di AJI hanya memonitor empat media itu,” kata Pandi.
Ke depan, kata Pandi bisa saja semua media lokal di Sultra dimonitoring termasuk media elektonik dan online. Tidak terkecuali ZonaSultra.com, salah satu media online terbesar di Sultra yang memiliki halaman tersendiri untuk berita lingkungan. (Taslim)
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com