Tampilan Desktop

Bagaimana Menghindari Aplikasi Belanja Palsu pada iOs dan Andorid ?
49 Dibaca

ZONASULTRA.COM,KENDARI– The New York Times dan New York Post menemukan ratusan aplikasi belanja palsu di Apple App Store, dimana ini juga merupakan masalah yang telah ditemukan di toko Google Play. Sementara itu dari aplikasi tersebut akan menampilkan iklan banner yang menjengkelkan dan Anda bisa memiliki konsekuensi yang lebih serius.

Ilustrasi belanja online

Ilustrasi

Seperti yang dilansir pada halaman cnet.com menyatakan beberapa aplikasi itu juga, kemungkin berisi malware yang dapat mencuri informasi pribadi Anda. Bahayanya lagi, Scammers juga bisa mendapatkan keuntungan dari pelanggan yang tidak curiga memasukkan informasi kartu kredit di aplikasi palsu itu.

Untuk anda ketahaui, malware adalah istilah yang digunakan untuk perangkat lunak berbahaya yang dirancang untuk merusak atau melakukan tindakan yang tidak diinginkan terhadap sistem komputer. Sedangkan istilah scammers seseorang atau kelompok yang menipu uang kita dengan cara yang sangat licik dan kotor, mereka menipu lewat dunia maya atau dunia nyata. Pelakunya orang orang lokal dan International.

Nah, untuk itu berikut beberapa tips untuk membantu Anda mengidentifikasi aplikasi nyata dan yang palsu pada iOs dan Andorid:

1. Periksa siapa yang menerbitkan aplikasi tersebut. Hati-hati, meskipun scammers akan menggunakan nama aplikasi yang mirip, seperti yang terjadi untuk Overstock.com (real) dan Overstock Inc (palsu).

2. Periksa ulasan di Apple App Store dan toko Google Play pada Andorid. Sebuah aplikasi nyata akan memiliki ribuan ulasan positif dari para pengguna smartphone, sedangkan yang palsu akan memiliki nol ulasan.

3. Lihatlah tanggal publikasi dari aplikasi tersebut. Sebuah aplikasi palsu akan memiliki tanggal publikasi baru-baru ini, sementara aplikasi nyata akan memiliki “diperbaharui pada” date. Misalnya, bahwa banyak palsuaplikasi hanya diterbitkan pada 26 Oktober tahun ini saja.

4. Periksa kesalahan ejaan dalam judul atau deskripsi. Banyak dari aplikasi ini keluar dari China. Ekstra hati-hati jika terlihat seperti bahasa Inggris bukan bahasa pertama pengembang.

5. Waspadalah terhadap aplikasi yang menjanjikan diskon belanja. Terdengar terlalu bagus untuk menjadi kenyataan?

6. Jika ragu, kunjungi website toko di browser Anda dan mencari ikon atau tombol yang bertuliskan “Dapatkan aplikasi kami.” Ini akan membawa Anda ke App Store atau Google Play Store di mana Anda dapat men-download aplikasi yang benar. (B)

Penulis :Ilham surahmin

Sumber : www.cnet.com

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com