Tampilan Desktop



Bakal Luluskan Alumni Pertama, Jurnalistik UHO Target Akreditasi A
289 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Jurusan Jurnalistik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Halu Oleo (UHO) menargetkan  mendapat akreditasi A setelah meluluskan alumni pertama mereka.

Sekertaris Jurusan Jurnalistik UHO, Nina Ridwan Zakaria

Nina Ridwan Zakaria

Hal tersebut diungkapkan oleh Sekertaris Jurusan Jurnalistik UHO, Nina Ridwan Zakaria saat ditemui, yang mengungkapkan bahwa alumni merupakan salah satu poin tertinggi untuk memperoleh akreditasi A.

“Salah satu poin yang belum kami penuhi untuk memperoleh akreditasi A itu alumni, dan alumninya itu betul-betul dimanfaatkan di luar. Karena kami baru angkatan 2013 kami belum punya alumni,” kata Nina, Sabtu (14/1/2016).

Namun saat ini kata Nina, para mahasiswa jurnalistik angkatan 2013 tesebut tengah menyusun berbagai persiapan setelah magang di kantor-kantor media beberapa waktu lalu, berupa penyusunan proposal.

“Diperkirakan, pada Februari 2017 ini sudah ada mahasiswa yang akan ujian proposal,” kata Nina.

Sedangkan untuk pemanfaatan alumni, Nina mengaku sudah mempersiapkannya, dengan menjalin MoU dengan beberapa kantor media yang ada di Sultra baik media cetak maupun online, serta radio.

Ungkapnya, ia cukup optimis dengan perolehan akreditasi A tersebut, mengingat jurusan Jurnalistik UHO merupakan satu-satunya di Indonesia, yang terbukti pada saat dirinya mengikuti salah satu kegiatan perguruan tinggi di Medan, hanya dirinyalah yang berasal dari jurusan jurnalistik, sedang yang lain hanyalah program studi.

Upaya meningkatkan mutu baik dari mahasiswa maupun dosenpun kini tengah gencar dilakukan pihak jurusan. Salah satunya untuk dosen, saat ini masih ada beberapa dosen yang masih sekolah untuk memperoleh gelar doktor.

Sedang untuk mahasiswa sendiri,  penibgkatan mutunya dilakukan dengan melakukan kerjasama dengan media untuk dapat memberikan gambaran langsung tentang profesi jurnalis, sehingga saat lulus mahasiswa sudah mendapat pengetahuan tentang dunia jurnalis dan dapat meningkatkan profesionalistas.

Untuk diketahui, jurusan jurnalistik UHO mrupakan jurusan yang baru berdiri pada 2013 silam, dan sudah memperoleh akreditasi B dua tahun setelah berdirinya tepatnya pada 6 Juni 2015, serta hingga saat ini mahasiswa yang aktif mencapai 700 orang.  (B)

 

Reporter : Sri Rahayu
Editor : Tahir Ose

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free