Tampilan Desktop

Balon Independen yang Gugur Bisa Diketahui Besok dan Lusa
16 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Tanggal 20 sampai 21 Agustus 2015 publik sudah bisa mengetahui gugur atau tidaknya bakal calon perseorangan/independen dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Sulawesi Tenggara (Sultra). Hal itu dilihat dari terpenuhinya syarat jumlah dukungan di empat kabupaten yang terdapat bakal calon (balon) perseorangan yakni Muna, Buton Utara (Butur), Konawe Kepulauan (Konkep), dan Konawe Selatan (Konsel).

Komisioner KPU Sultra Iwan Rompo mengatakan, jadwal penetapan calon secara umum pada 24 Agustus, namun bagi balon independen pleno jumlah dukungan yang disyaratkan yakni 21-22 agusutus. Jadi jika syarat dukungan tidak terpenuhi maka dipastikan balon tersebut tidak dapat ditetapkan.

“Akan diplenokan besok dan lusa. Hal itu sesuai waktu dalam PKPU. Kalau Konkep itu besok sore penetapannya pukul 03.00 sore,” kata Iwan Rompo di sela-sela rapat komunikasi pimpinan daerah, Kendari (19/8/2015).

Pengumuman terpenuhinya jumlah dukungan itu, akan dilakukan melalui rapat pleno terbuka dan berlangsung transparan sehingga masyarakat bisa datang menyaksikan. Sedangkan untuk syarat-syarat lainnya, lanjut Iwan, nanti pada saat penetapan calon baru diplenokan bersamaan dengan pasangan balon yang diusung parpol.

Untuk diketahui calon independen di Muna adalah pasangan Prof. Dr. La Iru – La Ode Sahirudin Kaeba, di Konsel Rusmin Abdul Gani-Muhlis. Sementara  di Butur ada pasangan La Ode Abdul Ganium – Ahmad Damsir dan di Konkep, pasangan Ridwan Landipo-Kurdin Wahab.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com