Tampilan Desktop


Bangun Karakter Mahasiswa Baru, Unilaki Gelar Pendidikan
124 Dibaca

ZONASULTRA.COM, UNAAHA – Sebanyak 500 mahasiswa baru (Maba) dari 9 program studi Universitas Lakidende (Unilaki) Konawe, mengikuti pendidikan karakter. Hal itu dilakukan pihak kampus, guna membentuk karakter mahasiswa baru yang akan menimba ilmu di perguruan tinggi tersebut.

Pembantu Rektor (PR) III bagian Kemahasiswaan, Anas, S.Ag.,M.Pd menjelaskan kegiatan tersebut merujuk dari surat edaran dikti tahun 2015 dalam poin dua yang mengatakan bahwa pendidikan karakter itu dilaksanakan oleh perguruan tinggi denga melibatkan tenaga pengajar (Dosen), mahasiswa, dan tenaga kependidikan.

“Maka tahun ini kita melakukan pendidikan karakter dengan melibatkan seluruh lembaga kemahasiswaan juga akademisi, bahkan pendidikan karakter ini kita jadikan sebagai salah satu pra syarat mata kuliah, jadi mahasiswa yang tidak mengikuti pendidikan karakter ini tidak bisa menawar mata kuliah tertentu yang berhubungan dengan pendidikan karakter,” kata Anas (11/09/2015)

Lanjut Anas, pendidikan karakter sangat penting bagi mahasiswa baru, karena akan menjadi sarana sosialisasi perguruan tinggi, terlebih penggunaan kurikulum KKNI.

“Dan peserta terbanyak itu berasal dari Fakultas teknik sipil, untuk pemateri dalam kegiatan ini berasal dari akademisi, dari lembaga kemahasiswaan dan dari lembaga penelitian, kalau akademisi semua berasal dari Universitas Lakidende, selain itu kita juga melibatkan beberapa lembaga Negara seperti kepolisian dan Badan Narkotika Kabupaten (BNK)” ujarnya.

Kata dia, selain untuk membentuk karakter mahasiswa, pendidikan karekter ini juga dilakukan agar para calon sarjana nantinya dapat lebih memahami institusi Negara seperti Polri dan instansi daerah.

Tema pendidikan karakter itu yakni menjadikan perguruan tinggi universitas lakidende berkelas nasional, berahlak, dan berdaya saing tinggi.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com