Tampilan Desktop


Bangun Rumah Sakit Type B, Forsda: Pemda Kolaka Langgar Tata Ruang
105 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Rencana pembangunan Rumah Sakit type B di areal Pantai Berty hingga sepanjang pantai By pass oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra), dinilai melanggar aturan tata ruang wilayah.

Koordinator Forum Swadaya Masyarakat (Forsda) Kolaka Djabir Luhukuwi mengatakan, rencana pemda untuk membangun di lahan seluas 7 hektar itu telah melanggar komitmen mereka sendiri. Pasalanya sebelumnya, areal itu telah ditetapkan sebagai kawasan ruang terbuka hijau (RTH).

“Pemda sudah melanggar aturan kalau mereka mau membangun rumah sakit di situ,” kata Djabir saat ditemui di Kolaka, Kamis (21/9/2015).

Pembangunan rumah sakit itupun dianggapnya akan berdampak luas terhadap kelestarian pesisir dan mangrove di sepanjang jalan By pass menuju Desa Totobo, Kecamatan Pomalaa, Kolaka, karena dalam proses pembangunannya, pantai itu akan ditimbun dan direklamasi.

Walau areal itu tidak masuk dalam kawasan hutan, namun Djabir mengecam rencana Pemda Kolaka karena rencana pembangunan itu tidak didasari oleh prinsip-prinsip pembangunan yang berkelanjutan.

“Kelihatan sekali, pemda hanya mau kejar proyek saja tanpa memikirkan dampak dari pembangunan itu,” katanya.

Tudingan itu bukannya tanpa sebab. Rupanya Pemda Kolaka telah memiliki lahan seluas 32 hektar di Kecamatan Wundolako. Lahan itu diperoleh melalui bantuan PT Antam yang dibeli dari masyarakat dengan seharga Rp 1 miliar, tetapi Pemda Kolaka justru mengabaikannya dan malah merencanakan pembangunan rumah sakit walaupun harus mereklamasi pantai.

Pembangunan rumah sakit ini juga dianggap akan mengorbankan banyak aspek. Misalnya aspek kesehatan lingkungan, karena setelah rumah sakit itu dibangun, limbahnya tentu akan dibuang ke laut.  Walaupun akan ada perlakukan rekayasa teknologi, tapi tetap saja akan berpengaruh pada kualitas perairan.

Rencana pembangunan Rumah Sakit type B itu telah dikemukakan oleh Kepala Dinas Pertambangan Umum (PU) Kabupaten Kolaka, Abbas. Dalam keterangan persnya, areal itu memang sebelumnya diperuntukan sebagai areal RTH sekaligus sebagai lokasi perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Sultra yang ke 52 nanti. Proyek itu direncanakan akan menelan anggaran sebesar Rp 15,2 miliar yang bersumber dari APBD Kolaka tahun ini.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com