Tampilan Desktop


Bank Mandiri Luncurkan Program Pariwisata Suku Bajo di Wakatobi
35 Dibaca

ZONASULTRA.COM, WANGI-WANGI – Bank Mandiri bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Wakatobi dan lembaga dunia British Council meluncurkan program pariwisata di Desa Mola Raya Kecamatan Wangi-Wangi Selatan, Jumat (7/8/2015) sore.

Hadir dalam acara peluncuran ini Bupati Wakatobi, Hugua, Perwakilan Bank Mandiri Wilayah Regional Makassar, Ponggo Marbu dan Ketua British Council Selly Gogge.

Dalam sambutannya, Ponggo Marbu menyebut sejak direncanakan awal Mei 2014 lalu, persiapan terus dilakukan dengan membidik tiga sektor potensi masyarakat melalui pengembangan kapasitas dengan pelatihan masyarakat mengolah kepariwisataan, membangun daya dukung infrastruktur serta membangun jaringan yang memungkinkan pariwisata masyarakat tersebut bisa hidup berkesinambungan.

Lebih lanjut Ponggo mengungkapkan, pihaknya membidik Desa Mola Raya karena masyarakat di desa itu mayoritas Suku Bajo dengan mata pencaharian nelayan yang bisa mendukung sektor pariwisata bahari. Sayangnya, kurangnya pengetahuan menjadi kendala utama pengelolaan potensi tersebut idak maksimal.

“Hadirnya kami di sini bersama pemerintah daerah dan juga British Council agar masyarakat Mola Raya yang termarginalkan bisa mengelola ekonominya melalui pariwisata. Salah satu tugas kami adalah membangunkan jaringan dan beberapa sistem pendukung lainnya”, terangnya.

Hal senada diungkapkan Ketua British Council, Selly Gogge. Menurutnya, pihaknya akan membantu negara yang di dalamnya terdapat daerah-daerah tertinggal, baik dari segi ekonomi masyarakat maupun infrastruktur pembangunan.

Sementara itu, Bupati Wakatobi, Hugua sangat berterima kasih dengan adanya kerjasama ini. Ia menjelaskan, memajukan sektor pariwisata mampu meningkatkan pendapatan rata-rata masyarakat hingga mencapai 9,36 persen per tahun yang diklaimnya melebihi pertumbuhan ekonomi rata-rata nasional.

“Bukannya pemerintah tidak mampu membangunkan fasilitas, tetapi mendesain konsep hingga jadi seperti ini cukup sulit sehingga butuh kerja sama dalam menghasilkannya,” kata Hugua.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com