Tampilan Desktop



Bank Sultra Bagi Ilmu ke Bank Perkreditan Rakyat
77 Dibaca

Bank Sultra Bagi Ilmu ke Bank Perkreditan Rakyat BANK SULTRA – Direktur Utama (Dirut) Bank Sultra Khaerul Kemala Raden (baju merah tengah), Ketua Apex Arfianus (baju putih tengah), Ketua Asosiasi BPR Sultra Ahmad (ketiga dari kanan duduk) saat berfoto bersama dengan peserta pelatihan teknis penyusunan SOP bagi BPR anggota Apex Bank Sultra, Kamis (7/9/2017) di D’Blitz Hotel Kendari. (ILHAM SURAHMIN/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM,KENDARI – Salah satu kerjasama antara Bank Sultra dan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Bahteramas adalah peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Direktur Utama (Dirut) Bank Sultra, Khaerul Kemala Raden mengatakan bahwa peningkatan SDM dalam lembaga keuangan seperti perbankan sangat dibutuhkan, sebab karyawan perbankan adalah orang terdepan yang memberikan pelayanan kepada nasabah atau masyarakat.

“Apalagi BPR sangatlah penting melatih dan terus mengasah SDM meraka, tapi saya apresiasi SDM BPR kita di Sultra terus mengalami peningkatan,” ungkap Khaerul saat membuka acara Pelatihan Teknik Penyusunan SOP Bagi BPR Anggota APEX Bank Sultra, Kamis (9/7/2017) di D’blitz Hotel.

Ia menambahkan, dalam posisi kerjasama di bidang peningkatan SDM ini Bank Sultra hadir sebagai mitra untuk sharing atau sebagai sumber ilmu dan pengalaman dalam hal bagaimana SOP dalam pemberian kredit kepada masyarakat.

Di tempat yang sama, Kepala Divisi (kadiv) Perencanaan Bank Sultra, Afrianus menjelaskan, salah satu tujuan penting diadakannya seminar yang digelar selama dua hari tersebut adalah bagaimana para karyawan BPR dapat mengurangi resiko dalam hal pemberian dana kredit.

Ia menilai, persoalan ketimpangan dalam hal pemberian dana kredit merupakan permasalah serius di setiap perbankan. Karena Sering ditemui posisi dana yang digulirkan besar, namun pengembalian dari nasabah sulit karena berbagai alasan klasik.

“Tentu posisi begini akan merugikan pihak Bank, modal sudah keluar akhirnya pemasukan yang ada dari pihak ketiga harus digunakan untuk menutupi tunggakan kredit tersebut,” pungkasnya.

Oleh karenanya, dengan adanya pelatihan teknik ini dapat memberikan pemahaman yang baik kepada para karyawan BPR yang notabennya adalah garda terdepan yang mampu meberikan layanan akses keuangan sampai ke pelosok.

Ketua Asosiasi Perbarindo Sultra, Ahmad yang menaungi seluruh BPR yang ada di Sultra menjelaskan, kegiatan ini adalah salah satu bentuk komitmen dari kerjasama antara pihaknya dengan Bank Sultra. Dimana kerjasama itu diatur dalam regulasi yang sudah telah ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Bank Sultra disini hadir sebagai pengayom (apex) kami BPR, jadi kami selalu melaksankan dengan baik perjanjian yang telah disepakati, kami berterimaksih dengan adanya Bank Sultra,” ungkap Ahmad.

Untuk diketahui ada tiga poin penting kerjasama yang dilakukan oleh Bank Sultra dan BPR selain peningkatan kapasitas SDM yaitu bantuan dana bergulir, bantuan modal kredit dari Bank Sultra kepada BPR yang akan diteruskan ke masrakyat.

Dalam kegiatan ini seluruh perwakilan 16 BPR yang ada di Sultra hadir dan mengikuti kegiatan tersebut diantaranya 12 perusahaan daerah BPR Bahteramas, 4 swasta BPR Sejahtera dan Gandalata Kendari, BPR Sejahtera Baubau serta BPR Haralata Kolaka. (B)

 

Reporter : Ilham Surahmin
Editor : Kiki

RS ZonaSultra

View all contributions by RS ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free