Tampilan Desktop



Baru Empat Tahun Dibangun, Jembatan ini Terancam Roboh
28 Dibaca

Jembatan di jalan poros Desa Pongkalaero, Kecamatan Kabaena Selatan, nyaris ambruk akibat diterjang banjir bandang yang menerjang kampung tersebut pada Jum'at, 30/12/2016. (Jumrad Raunde/ZONASULTRA.COM)

Jembatan di jalan poros Desa Pongkalaero, Kecamatan Kabaena Selatan, nyaris ambruk akibat diterjang banjir bandang yang menerjang kampung tersebut pada Jum’at, 30/12/2016. (Jumrad Raunde/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, RUMBIA– Salah satu jembatan di jalan poros Desa Pongkalaero, Kecamatan Kabaena Selatan, Kabupaten Bombana, terancam roboh akibat sering diterjang air bah saat musim hujan.

“Belakangan ini sering terjadi banjir bah yang menerjang desa kami, akibatnya bukan saja merusakkan dan membawa rumah warga dengan arus derasnya, tetapi juga mengancam infrastruktur seperti jembatan,” kata Jabar, tokoh muda Desa Pongkalaero di Rumbia, Senin (2/1/2017).

Salah satu infrastruktur yang terancam roboh, lanjut Jabar, yaitu sebuah jembatan yang terletak di tengah perkampungan.

“Jembatan ini dibangun pada 2012 lalu, tetapi pada bagian dasarnya sudah jatuh akibat terkikis derasnya sungai,” sambungnya.

Selain karena erosi, juga disebabkan sering dilalui truk milik sejumlah perusahaan tambang nikel yang beroperasi di Kabaena Selatan serta alat berat seperti tracktor, buldozer, walos dan escapator.

“Jadi mungkin karena sering dilewati alat berat dan truk sehingga pondasi jembatan ini jatuh dan mengalami retak,” imbuh Jabar.

Jabar bersama dengan aparatur pemerintah desa setempat berharap agar infrastruktur seperti jembatan dapat menjadi perhatian lebih serius sebelum bencana terjadi.

“Kami berharap agar hal seperti ini dapat segera diatasi agar lalu lintas dan pergerakan ekonomi masyarakat, kelak tidak terhalang jika musibah alam terjadi,” harapnya.

Begitu pula dengan pihak perusahaan tambang, diharapkan agar perkampungan di sekitar wilayah penambangannya terutama yang berkaitan dengan peningkatan kualitas infrastruktur. (B)

 

Reporter : Jumrad Raunde
Editor   : Rustam

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free