Tampilan Desktop


Baubau Expo, Kominfo Tampilkan Informasi Pembangunan Masa Dulu dan Kini
36 Dibaca

Baubau Expo, Kominfo Tampilkan Informasi Pembangunan Masa Dulu dan Kini

HUT BAUBAU – Stand Pameran Badan Komunikasi Informasi Perpustakaan arsip dan pengelelolaan data Kota Baubau yang menampilkan Dokumentasi Kota Baubau sejak Jaman Kesultanan hingga sekarang. (Mulyadi/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, BAUBAU – Momentum peringatan hari jadi Baubau yang ke-475 dan Kota Baubau sebagai daerah otonom yang ke-15, Badan Komunikasi Informasi (Kominfo) Perpustakaan, Arsip dan Pengolahan Data Kota Baubau menampilkan informasi pembangunan Kota Baubau.

Kepala kepala Badan Komunikasi Informasi (Kominfo) Perpustakaan, Arsip dan Pengolahan Data Kota Baubau, Idrus Taufiq Saidi saat ditemui di stand Baubau Expo-5 mengungkapkan, meski penyelenggaraan Expo Baubau ini hanya berlangsung singkat namun semua pihak diharapkan dapat memanfaatkan momen ini dalam merefleksi dan juga melihat langsung pembangunan apa yang dilaksanakan selama ini di Kota Baubau.

“Baubau yang hari ini dirangkaikan dengan hari jadinya yang ke 475 sebenarnya memiliki banyak kenangan. Filosofi Baubau sesungguhnya adalah cerita sejarah kelam masa demi masa pemerintahan masa kerajaan, kesultanan, swatantra, swapraja, kota administratif, bupati dan terakhir dua walikotanya,” ungkapnya.

Dalam stand pameran pembangunan Badan Kominfo Kota Baubau terlihat beberapa dokumentasi yang masih dapat diakses masyarakat untuk mengetahui pembangunan Kota Baubau dari masa kemasa. Hal ini pula dalam membangkitkan semangat masyarakat dalam menyelaraskan pembnagunan yang diinginkan masyarakat dan apa yang akan dilaksanakan pemerintag

“Sinergi inilah sehingga kami coba menuangkan ide untuk mengembalikan masa lalu itu dalam bentuk kekinian,” tukasnya.

Salah satu stand Pamereran Baubau Expo

Salah satu stand Pamereran Baubau Expo

 

Pihaknya telah menyiapkan beberapa foto kenangan Baubau masa lampau di sayap kiri stand. Foto kenangan itu menggambarkan beberapa lokasi seperti pantai kamali tempo dulu, pelabuhan murhum tahun 1936 yang kala itu masih terdapat simpang lima yang belum memiliki tugu seperti sekarang ini.

Selain itu, terdapat juga foto raja-raja dan sultan terdahulu yang ditampilkan dalam black or white yang disinergikan dengan sayap tengah stand yang mencerminkan pembangunan pemerintahan tampil mesra dalam rentang waktu empat tahun.

Diharapkan dengan terpublisnya foto kenangan masa lampau ini bersama dengan dokumentasi pemerintahan yang dipimpin AS Tamrin dan Waode Maasra Manarfa dapat memberikan gambaran kepada masyarakat metro Baubau bahwa sudah seperti inilah pembangunan yang kini telah dicapai sejak 15 tahun masa otonom.

Selain foto dokumentasi ada beberapa koleksi kamera dan mixer yang biasa dipakai instansi yang dipimpinnya. “Kominfo hadir dengan uraian tugas sebagai pemberi informasi, inilah beberapa kamera dan mixer yang telah berusia 20 hingga 25 tahun yang digunakan untuk mobile di lapangan,” ujarnya sambil menunjuk alat yang telah menjadi koleksi langka tersebut. (C)

 

Reporter  : Mulyadi
Editor       : Rustam

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com