Tampilan Desktop

Baubau Tuan Rumah Kongres Nasional JKPI
45 Dibaca

ZONASULTRA.COM, BAUBAU – Sebagai salah satu kota budaya di Indonesia, Kota Baubau Sulawesi Tenggara (Sultra) mendapatkan kepercayaan sebagai tuan rumah pelaksanaan Kongres Ke-3 Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) 2015, 25 Mei mendatang.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Baubau, Ali Arham mengatakan, pihaknya terus melakukan persiapan, mulai kebersihan kota, persiapan lokasi pelaksanaan kongres dan penentuan paket wisata budaya yang akan ditampilkan. 
“Sampai sejauh ini dinas pariwisata sudah melakukan persiapan sesuai dengan tupoksinya diantaranya penyiapan pendamping bagi seluruh peserta, dan paket kegiatan wisata yang akan disodorkan kepada peserta,” ungkap Ali Arham, Sabtu (9/5/2015).
Kota Baubau sebagai pusat peradaban Kesultanan Buton tambah Ali, memiliki beberapa peninggalan yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, salah satunya Benteng Keraton Buton yang merupakan benteng terluas di dunia. Di area benteng ini berdiri masjid Agung yang merupakan masjid tertua di Kepulauan Buton. Selain itu, di Kota Baubau juga masih banyak terdapat obyek wisata menarik lainnya dan seni budaya. Sebut saja Desa Sulaa sebagai desa tenun sarung Buton, Palabusa penghasil mutiara, Baadia tempat museum Kesultanan Buton, dan obyek wisata laut. 
Selain kongres, ada beberapa agenda yang akan dilaksanakan dalam kegiatan ini seperti expo yang akan diikuti beberapa kabupaten, study tour, kande-kandean, karnaval budaya dam masih banyak lagi.
“Pendamping untuk seluruh peserta akan melibatkan beberapa pihak diantaranya pihak sekolah yang akan mengutus dua orang siswa perwakilannya, serta pihak lain yang ingin mendukung kegiatan ini,” papar Ali. (Mulyadi)
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com