Tampilan Desktop


Begini Cara Daftar SBMPTN Online 2015
16 Dibaca

Bagi calon mahasiswa yang ingin masuk universitas negeri menggunakan jalur ini, simak tata cara pendaftaran SBMPTN, seperti dikutip dari laman resmi SBMPTN 2015, Sabtu (2/5/2015).

Bagi calon mahasiswa yang ingin masuk universitas negeri menggunakan jalur ini, simak tata cara pendaftaran SBMPTN, seperti dikutip dari laman resmi SBMPTN 2015, Sabtu (2/5/2015).

1. Persyaratan pendaftaran

SBMPTN 2015 dapat diikuti oleh pelajar tingkat SMA/sederajat hingga mereka yang lulus sejak dua tahun lalu, yaitu lulusan 2013 dan 2014. Nah, bagi yang termasuk dalam kelompok tersebut, disyaratakan menyiapkan ijazah sebagai syarat pendaftaran. Namun, bagi yang baru lulus tahun ini cukup menyiapkan Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah yang dibubuhi informasi jati diri, foto terbaru, dan cap yang sah dari sekolah.

2. Pendaftaran online

Pendaftaran online akan dibuka mulai 11 Mei pukul 08.00 WIB sampai dengan 29 Mei pukul 22.00 WIB. Untuk mendaftar, calon mahasiswa harus membuka laman http://pendaftaran.sbmptn.or.id.

Saat ini, belum tersedia panduan pengisian borang pendaftaran SBMPTN 2015. Tata cara pengisian borang baru dapat diunduh (download) melalui laman http://download.sbmptn.or.id pada 5 Mei nanti.

3. Pilihan kampus dan program studi (Prodi)

Program Studi yang ada di tiap-tiap Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok Sains dan Teknologi (Saintek) dan kelompok Sosial dan Humaniora (Soshum).

Peserta SBMPTN dapat memilih prodi sebanyak-banyaknya 3 prodi. Kalau hanya memilih satu prodi, peserta bisa memilih PTN mana pun di seluruh Indonesia. Jika memilih dua prodi atau lebih, maka salah satu kampus yang dipilih harus berasal dari provinsi yang sama dengan SMA peserta. Sementara, kampus lainnya bisa dipilih sesuai dengan keinginan peserta itu sendiri.

4. Ujian tertulis

Ujian tertulis terdiri dari tiga tes, yaitu Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA), Tes Kemampuan Dasar Saintek, dan Tes Kemampuan Dasar Soshum.

Seperti diketahui, panitia SBMPTN membolehkan peserta memilih maksimal 3 prodi dengan ketentuan sebagai berikut: 

Jika prodi yang dipilih semuanya dari kelompok saintek, maka peserta mengikuti kelompok ujian saintek saja. Begitupun jika prodi yang dipilih semuanya dari kelompok soshum, maka peserta mengikuti kelompok ujian soshum saja. Namun, jika prodi yang dipilih terdiri dari kelompok saintek dan soshum, maka peserta mengikuti kelompok ujian campuran.

Hati-hati dalam menentukan pilihan pertama saat pendaftaran. Sebab, urutan dalam pemilihan prodi menyatakan prioritas pilihan. Ujian tertulis akan dilaksanakan pada 9 Juni 2015 mendatang.

5. Ujian keterampilan

Ujian Keterampilan diikuti oleh peserta yang memilih prodi seni dan olahraga. Untuk peserta yang memilih prodi seni, akan mengikuti ujian yang terdiri atas tes pengetahuan dan keterampilan seni. Sedangkan bagi peserta yang memilih prodi olahraga akan menjalani pemeriksaan kesehatan, tes kesegaran jasmani, dan keterampilan dasar olahraga.

Ujian keterampilan akan dilaksanakan selama dua hari, yaitu 10-11 Juni 2015.

6. Biaya SBMPTN

Peserta diwajibkan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 100 ribu untuk mengikuti SBMPTN 2015. Peserta bisa memilih membayar melalui Bank Mandiri atau Bank BNI. Pembayaran dapat dilakukan setelah mendapatkan kode pembayaran pada slip biaya seleksi setelah melakukan daftar online terlebih dahulu.

7. Pengumuman hasil ujian

Hasil ujian akan diumumkan pada 9 Juli 2015 mulai pukul 17.00 WIB dan dapat diakses di laman http://www.sbmptn.or.id. (***/)

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com