Tampilan Desktop



Begini Dua Skenario Pelantikan Tiga Bupati
1970 Dibaca

ZONASULTRA.COM,KENDARI– Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menyiapkan dua skenario untuk pelantikan tiga kepala daerah yakni Buton, Kolaka Utara (Kolut) dan Bombana.

Saleh Lasata

Saleh Lasata

Hal ini diungkapkan Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Provinsi Sultra Saleh Lasata usai memimpin rapat evaluasi pengendalian pembangunan semester I tahun 2017, Kamis (10/8/2017) di Aula Phinisi Ballroom, Hotel Grand Clarion Kendari.

“Skenario ini kita bentuk untuk memperlancar pelantikan, dengan memanfaatkan waktu yang tersedia,” ungkap Saleh Lasata.

Dimana saat ini pihaknya tengah mengejar waktu untuk pengusulan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Bombana terpilih Tafdil-Johan Salim yang telah memiliki keputusan hukum tetap dari Mahkama Konstitusi (MK), agar pelantikan dapat dilaksanakan bersamaan dengan dua kepala daerah lainnya.

Skenario pertama dijelaskan mantan Bupati Muna ini adalah pelantikan tiga kepala daerah digelar serentak di Gedung Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta pada tanggal 18 Agustus 2017 mendatang.

“Kita hanya pinjam gedung dan yang akan melantik saya sendiri,” pungkasnya.

Skenario selanjutnya adalah untuk Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bombana dan Kolut terpilih akan dilantik bersama di Kendari pada tanggal 22 Agustus, sedangkan untuk Buton akan dilantik di Jakarta pada tanggal 18 Agustus.

Namun, berdasarkan aturan Umar Samiun setelah dilantik akan dinonaktifkan sebagai Bupati Buton karena sedang menjalani proses hukum di KPK.

“Jadi, setelah pelantikan bapak Umar dan Labakry, saya akan menyerahkan nota pelaksana tugas kepada pa La Bakry tanggal 22 Agustus bersamaan dengan Kolut dan Bombana,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Biro Pemerintahan Setda Provinsi Sultra Ali Akbar menjelaskan dalam waktu dekat ini akan mengirimkan usulan pelantikan Bupati Bombana terpilih ke Kemendagri agar segera ditindaklanjuti.

Terakait dua skenario itu, ia membenarkan jika saat ini pemeritah daerah sudah menyiapakan opsi pelaksanaan pelantikan dan itu dilakukan untuk memperlancar pelaksanaan roda pemerintahan di tiga kabupaten tersebut.

“Kemungkinan besar, mungkin pelantikan Buton tetap di Jakarta dan yang dua akan dilantik di Kendari, tapi kita tunggu saja dua opsi ini mana yang akan kita pakai,” pungkasnya.

Ditemui ditempat yang sama, Pelaksana tugas Bupati Buton La Bakry membenarkan perihal waktu pelantikannya, bahwa ia dan Umar Samiun akan dilantik pada tanggal 18 Agustus di Jakarta oleh Plt Gubenur Sultra Saleh Lasata. (A)

 

Reporter : Ilham Surahmin
Editor : Tahir Ose

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free