iklan zonasultra

Begini Penjelasan BMKG Terkait Kondisi Cuaca Sultra Awal Tahun 2019

Cuaca di Sultra Agustus Terpantau Stabil BMKG
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM,KENDARI– Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendari mencatat hampir seluruh wilayah di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) telah diguyur hujan di awal tahun 2019.

Prakirawan Cuaca Stasiun Meteorologi Kendari, Adi Istiyono menjelaskan kondisi di bulan Januari ini, Sultra telah memasuki musim hujan dan hampir seluruh wilayah Bumi Anoa. Hal ini ditandai dengan dominannya angin barat dan timur laut yang membawa masa uap air yang cukup basah. Sehingga potensi pembentukan awan-awan hujan cukup tinggi.

“Ini ditandai hampir setiap hari di Sultra turun hujan,” kata Adi kepada zonasultra, Kamis (10/9/2019) melalui sambungan WhatsApp Mesengger.

iklan zonasultra

Pihkanya pun setiap saat memberikan prakiraan cuaca yang akan terjadi di wilayah Bumi Anoa setiap harinya melalui siaran pers dan situs resmi BMKG. Hal itu untuk memberikan peringatan dini kepada masyarakat yang akan beraktivitas di luar ruangan agar tetap wasapada dalam menjalani rutinitas.

Lanjut Adi, prakiraan cuaca untuk hari Jumat (11/1/2019) disebutkan, pagi hari berpotensi hujan ringan di wilayah Kolaka Utara, Konawe Kepulauan, Buton, Baubau dan Wakatobi.

Siang dan sore hari, berpotensi hujan sedang di wilayah Kolaka, Konawe, Konawe Utara, dan Kolaka Timur. Hujan Ringan di wilayah Kolaka Utara, Kolaka, Bombana, Konawe Selatan, Kendari, Buton dan Wakatobi.

Sedangkan untuk malam hari berpotensi hujan ringan di wilayah Kendari, Konawe, Konawe Utara, Konawe Selatan, Kolaka Utara. Serta dini hari berpotensi hujan di wilayah Kolaka Utara, Buton, Baubau dan Wakatobi.

Suhu udara rata-rata 24 – 31 derajat Celcius, kelembaban udara antara 65 – 95 persen dan tiupan angin dari Barat Daya- Barat Laut dengan kecamatan 2 hingga 20 km/jam.

“Untuk peringatan dini berpotensi hujan sedang hingga Lebat kadang disertai guntur dan angin kencang pada siang hingga sore hari di wilayah Kolaka, Kolaka Timur, Konawe Utara dan Konawe,” jelasnya.

Olehnya itu, diimbau kepada masyarakat untuk lebih waspada terutama dengan menjaga kebersihan drainase, agar tidak terjadi banjir dan genangan air. Kemudian menghindari tempat terbuka, pohon tinggi dan papan reklame bila hujan lebat disertai angin dan guntur. (b)

 


Reporter : Ilham Surahmin
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib