Tampilan Desktop

Beginilah Cara Polres Konawe Tumbuhkan Budaya Gotong Royong
142 Dibaca

Beginilah Cara Polres Konawe Tumbuhkan Budaya Gotong Royong

Ayo Gotong Royong : Aparat Kepolsian Resort (Polres) Konawe, saat melakukan bakti sosial membersihkan pasar moderend wawotobi, Kecamatan Wawotobi, Kabupaten Konawe. aksi yang diberi nama “Ayo Gotong Royong” ini merupakan gagasa Kapolres Konawe, AKBP Jemy Junaedi yang dianggap bisa menciptakan situasi yang kondusif. (Restu/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, UNAAHA – Kepolisian Resort (Polres Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) punya cara tersendiri dalam menumbuhkan kembali budaya gotong royong dikalangan masyarakat, yakni dengan melakukan bakti sosial membersihkan tempat umum seperti pasar, tempat wisata yang tidak terurus kebersihan lingkungannya, tempat ibadah dan beberapa fasilitas umum lainnya.

Sebagai awal dari program “ayo gotong royong” ala Polres Konawe, seluruh petinggi dan personil polisi yang dibantu anggota Kepolisian Sektor (Polsek) Wawotobi, Kecamatan Wawotobi melakukan Jum’at bersih di pasar moderend Wawotobi.

Kepala Kepolisian Resort (Polres) Konawe, AKBP Jemy Junaedi melalui Wakil Kepala Kepolisian Resort (Wakapolres) Konawe, Komisaris Polisi (Kompol) Lery Tutu menjelaskan, selain untuk mengingatkan kembali pentingnya bergotong royong program, ayo gotong royong ini juga bertujuan untuk membantu aparat kepolisian dalam menciptakan suasana yang kondusif di wilayah hukum Polres Konawe.

“Ini juga sebagai bentuk kepedulian aparat kepolisian dalam hal kebersihan lingkungan. selain pasar, kami juga rencananya akan melakukan aksi yang sama dibeberapa tempat umum, dan program ini rutin kami laksanakan pada setiap dua minggu sekali dan dilakukan di suluruh wilayah hukum polres Konawe,” kata manatan Kapolsek Mandongan itu, Jum’at (29/01/2016).

Kata dia, program ayo gotong royong ini digagas langsung oleh Kapolres Konawe, AKBP Jemy Junaedi sebagai wujud menumbuhkan rasa persatuan antar sesama masyarakat, sebab program ini dinilai cukup jitu untuk menciptakan suasana yang kondusif. Program ini juga bertujuan untuk mengingatkan kembali jika hidup dengan bergotong royong itu indah.

Aksi aparat kepolsian ini sempat menjadi tontonan masyarakat yang kebetulan melewati pasar tersebut, bahkan tanpa diajak, beberapa warga juga ikut dalam bakti sosial itu.

Salah seorang warga, Arini mengaku kaget dan kagum dengan aksi para aparat penegak hukum yang rela berkotor-kotor hanya untuk membersihkan sampah di pasar. Ia berharap bakti sosial yang dilakukan Polres Konawe dapat menjadi panutan bagi seluruh masyarakat tentang pentingnya gotong royong, meskipun dia seorang penjabat ataupun hanya seorang petani.

“Kami sangat senang dan kagum dengan yang dilakukan para polisi ini. Ini juga membuktikan bahwa polisi itu tidak hanya melakukan penegakan hukum ataupun melakukan tilang, tetapi polisi juga peduli dengan lingkungan, dan pemandangan seperti ini sangat jarang kita temukan di tempat lain,” kata wanita yang mengaku seorang guru itu.

 

Penulis : Restu
Editor  : Rustam

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com