Tampilan Desktop

Berdayakan Masyarakat Pesisir, Ditpol Air Polda Sultra Gandeng USN Kolaka
243 Dibaca

Berdayakan Masyarakat Pesisir, Ditpol Air Polda Sultra Gandeng USN Kolaka

Kerjasama Polda-USN – Ditpol Air Polda Sultra, AKBP Andi Anugrah bersama Rektor USN Kolaka, Azhari usai menggelar sosialisasi program pemberdayaan dan pengembangan masyarakat pesisir di kampus USN Kolaka, Rabu (17/2/2016). (Abdul Saban/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Direktorat Polisi Perairan (Ditpol Air) Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara (Sultra) menggandeng Universitas Negeri Sembilan Belas November (USN) Kolaka dalam hal pemberdayaan dan pengembangan masyarakat pesisir dan kepulauan di Sultra.

Ditpol Air Polda Sultra, AKBP Andi Anugrah mengatakan, program kerjasama itu bertujuan untuk membangun kerjasama di bidang pendidikan masyarakat pesisir, utamanya memberantas buta aksara di Sultra.

Mantan Kapolres Kolaka ini mengatakan, mayoritas warga pulau dan desa-desa di pesisir tidak memiliki kemampuan untuk mengakses sarana pendidikan, atau tidak memiliki keingingan untuk mengenyam pendidikan.

“Saya yakin di pulau-pulau berpenghuni di Sultra beberapa diantaranya tidak memiliki sarana pendidikan. Maka sasaran program ini adalah penyediaan akses pendidikan,” jelas Andi Anugrah usai melakukan sosialisasi tentang program tersebut di kampus USN Kolaka, Rabu (27/2/2106).

Selain itu, lanjut Andi Anugrah, program ini juga bertujuan untuk meningkatkan kapasitas SDM warga pesisir agar mampu mengikuti perkembangan zaman serta mampu menjaga kualitas lingkungan hidupnya.

Setelah warga diberi pengetahun dan edukasi secara berkelanjutan, lanjutnya, maka warga akan didorong untuk sadar hukum tentang pentingnya menjaga wilayah perairan dan pesisir.

“Kalau kita berupaya taat hukum, maka akan tercipta keadilan,” kata dia.

Selain di bidang pendidikan, program ini juga akan mendorong penerapan teknologi tepat guna melalui bimbingan mahasiswa Fakultas Pertanian USN Kolaka.

Di tempat yang sama, Rektor USN Kolaka, Azhari menyambut baik program kerjasama tersebut. Menurutnya, program ini sangat cocok untuk disinergikan dengan program kuliah kerja nyata (KKN).

Azhari mengatakan, program ini akan membantu USN untuk mulai membuka cakrawala baru dalam mengimplementasikan pelaksanaan KKN yang selama ini dilakukan secara konvensional.

“Kita datang di sana dengan mahasiswa dengan waktu yang tidak terjadwal, namun berdasarkan kebutuhan. Masyarakat yang telah mengikuti program ini akan diberikan sertifikat,” jelas Azhari.

 

Penulis: Abdul Saban
Editor: Jumriati

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com