Tampilan Desktop



Berikan Kuliah Umum, Kasal Berharap Mahasiswa UHO Bangun Kemaritiman
86 Dibaca

Berikan Kuliah Umum, Kasal Berharap Mahasiswa UHO Bangun Kemaritiman KASAL – Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI, Ade Supandi memberikan kuliah umum di Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sabtu (9/9/2017). (ZONASULTRA.COM/Randi Ardiansyah)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI, Ade Supandi memberikan kuliah umum di Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sabtu (9/9/2017).

Ditemui awak media usai memberikan kuliah umum, Kasal mengungkapkan bahwa kuliah umum yang diberikan terkait dengan program kemaritiman. Menurutnya, interaksi manusia dengan lingkungan alam dapat membantu membangun kemaritiman Indonesia.

“Dan bagi TNI Angkatan Laut dengan adanya Kasal CUP yang saat ini dilaksanakan di Kendari, itu salah satu untuk membangkitkan kebaharian generasi muda. Karena dengan mencintai laut diharapkan akan meningkatkan keinginan untuk mengeksplorasi sumber daya di laut utamanya bagi parawisata,” jelasnya.

Karenanya, partisipasi masyarakat serta lingkungan bersih dan terbangunnya kearifan lokal baik dari segi budaya, busana, kreasi, bahasa serta tarian dapat menjadi sektor yang lebih menguatkan bagi pertumbuhan parawisata daerah.

“Dan alhamdulillah mahasiswa banyak yang ingin tahu apa sih poros maritim, bagaimana kesiapan TNI AL dalam rangka poros maritim. Bagaimana meningkatkan minat untuk mencintai kemaritiman,” ujarnya.

Tidak hanya itu, Kasal juga berharap pendidikan di Sultra khususnya Kota Kendari juga bisa setara dengan pendidikan yang ada di jakarta.

Ia menekankan, mahasiswa juga harus bisa membangun kemaritiman di wilayah timur Indonesia. Sebab, lanjutnya, sektor kemaritiman di Indonesia timur itu lebih nampak dari pada di wilayah Indonesia Bagian Barat.

Selain itu, perguruan tinggi juga diharapkan dapat menjadi leading sektor untuk membantu pemerintah daerah dalam membangun parawisata, inovasi dan kreatifitas masyarakat.

“Dan juga jangan lupa, jangan malu berbahasa daerah. Karena itu menjadi identitas daerah tersebut,” tutupnya.

Kunjungan Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, disambut langsung oleh Rektor UHO Dr Muhammad Zamrun beserta sejumlah petinggi UHo.

Selain memberikan kuliah umum, Kasal Laksamana TNI Ade Supandi rencananya juga akan menutup secara resmi Kasal CUP 2017 yang dilaksanakan di Kendari Beach Kota Kendari, pada Sabtu (9/9/2017) malam nanti. (B)

 

Reporter : Randi Ardiansyah
Editor : Kiki

Tagged with:
RS ZonaSultra

View all contributions by RS ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free