Berikut Tips Daftar Ujian Tertulis Berbasis Komputer 2019

32
Dari 72 SMP di Muna, 11 Sekolah Siap Laksanakan UNBK
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Pendaftaran Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) syarat mendaftar jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) telah dibuka mulai 1 Maret 2019.

Sebelum mulai mendaftar UTBK, tentunya ada beberapa hal yang perlu diketahui dan diperhatikan oleh calon pendaftar. Wakil Rektor I USN Kolaka, Ruslin Hadanu, mengatakan tata caranya pendaftaran sudah tersedia di alamat website pendaftaran-utbk.ltmpt.ac.id.

Sebelum mendaftar UTBK, pendaftar harus memasukan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) pada akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Saat memasukan nomor, pastikan kedua nomor tersebut benar.

Sehingga, pendaftar harus tetap berkoordinasi dengan pihak sekolah dan harus berkomunikasi dengan operator Pangkalan Data Siswa dan Sekolah (PDSS) di sekolahnya.

“UTBK ini merupakan ujian yang diikuti sebelum mendaftar pada jalur SBMPTN,” ujarnya ditemui di ruang kerjanya, Senin (11/3/2019).

Kemudian, mendaftar menggunakan email aktif. Jadi pastikan email yang dimasukkan untuk mendaftar adalah email yang digunakan, aktif, dan passwordnya diingat oleh calon pendaftar.

“Karena usai pendaftaran, kita akan mendapatkan email konfirmasi untuk mengaktifkan akun,” tambahnya.

Selanjutnya, mengunggah pas foto berwarna menggunakan pakaian rapi dengan warna latar belakang bebas. Lalu, mengikuti tahapan pendaftaran, pengisian data, dan pemilihan jadwal tes yang tersedia di akun tersebut.

Ruslin menjelaskan nilai yang diperoleh dari ujian tertulis tersebut, kata dia, itulah yang digunakan untuk memilih jurusan pada seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri baik itu sosial dan humaniora (soshum) dan sains dan teknologi (saintek).

“Bagi yang mendaftar bidikmisi maka menyertakan dengan Kartu Indonesia Pintar (KIP),” lanjut dia.

Untuk mendaftar SBMPTN pendaftar bisa memilih dua perguruan tinggi dan dua prodi. Bila memilih satu perguruan maka dua pilihan prodi. Sedangkan, bila memilih dua perguruan tinggi, maka masing-masing perguruan tinggi satu prodi.

“Namun menyesuaikan dengan nilai yang diperoleh dari hasil tesnya,” ujarnya.

Pendaftaran UTBK ditanggung sendiri oleh calon pendaftar dengan besaran Rp200 ribu sekali mendaftar. Mereka diberikan dua kali kesempatan mendaftar bila gagal dalam ujian tesnya.

Ruslin Hadanu mengatakan, jadwal pendaftaran UTBK dimulai 1 Maret sampai 1 April 2019. Setelah pendaftaran maka selanjutnya pelaksanaan ujian tertulis berbasis komputer mulai 13 April sampai 26 Mei 2019.

“Tesnya terbagi dua sesi setiap Sabtu dan Minggu di USN Kolaka. Pengumuman hasilnya, 10 hari setelah ujian dilaksanakan,” sambungnya.

Kata dia, untuk pendaftaran SBMPTN baru dimulai pada 10 sampai 24 Juni 2019. Sementara, pengumuman hasil SBMPTN dilakukan pada 9 Juli 2019 mendatang. (a)

 


Kontributor : Sitti Nurmalasari
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib