Tampilan Desktop



Berkat Bhabinkamtibmas Ini, Puluhan Eks Pemabuk Memiliki Pekerjaan
166 Dibaca

Berkat Bhabinkamtibmas Ini, Puluhan Eks Pemabuk Memiliki Pekerjaan

BHABINKAMTIBMAS : Foto bersama AKP Nurdin dan Bripka Sirsan bersama warga Kelurahan Sambuli yang telah dipekerjakan di perusahaan. (Lukman Budianto/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI -Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Kelurahan Sambuli, Kecamatan Poasia, Kota Kendari, telah menunjukkan hasil yang memuaskan. Hal itu diutarakan oleh Kepala Satuan Bimbingan Masyarakat Polres Kendari, AKP Nurdin saat berkunjung di wilayah tersebut.

“Ini kita sudah bisa liat hasilnya, laporan polisi di tahun 2016 itu nihil,” kata Nurdin di desa yang terkenal dengan wisata pantai ini, Selasa (24/1/2017) pagi.

Nurdin mengatakan, dahulu desa ini merupakan desa yang terkenal dengan tingkat kriminalitas yang cukup tinggi. Namun, lanjutnya, setelah Bhabinkamtibmas hadir daerah ini menjadi aman.

“Dulu setiap hari kita dapat laporan polisi, mulai dari mabuk-mabukan, sampai pemalakan,” ucap Nurdin.

Polisi yang bertugas sebagai pembina kamtibmas di desa ini adalah Sirsan. Polisi berpangkat Brigadir Kepala ini sudah bertugas melayani keluhan masyarakat di Kelurahan Sambuli, selama kurang lebih dua tahun.

Sirsan mengatakan, kunci keberhasilannya dalam membina masyarakat di kelurahan tersebut adalah dengan melakukan pendekatan secara kekeluargaan.

“Jadi semua orang di sini itu saya anggap sebagai keluarga saya,” ujarnya.

Sirsan menganggap, salah satu pokok masalah di kelurahan tersebut hingga banyak ditemui pemuda yang kerjaannya hanya minum dan mabuk-mabukan saja, karena tidak adanya lapangan kerja yang tersedia untuk mereka.

Sehingga dengan itu, Sirsan berinisiatif melakukan kerjasama dengan pihak perusahaan swasta yang letaknya berada di kelurahan tersebut.

“Saya minta pada pimpinan perusahaan agar semua pengangguran di daerah itu bisa ia rekrut,” lanjut Sirsan.

Alhasil, tahun 2016 lebih dari 80 orang masyarakat yang menganggur bisa menjadi pekerja di perusahaan tersebut.

Dua orang masyarakat yang telah resmi menjadi karyawan di perusahaan yang bergerak di bidang produksi gas ini, Syaripuddin (38) dan Dasrin (32) mengatakan, rasa terima kasihnya kepada petugas telah membantu mereka mendapat pekerjaan.

“Kalau pak sirsan di tarik dari kelurahan ini, kami keberatan, dan kami akan menghadap. Kami ingin Pak Sirsan berada terus kelurahan kami,” ujar Syaripuddin yang ditemui di tempat kerjanya.

Kasat Binmas Polres Kendari, AKP Nurdin berharap, agar hal ini bisa lebih dikembangkan dan menjadi contoh untuk Bhabinkamtibmas di wilayah lainnya. (B)

 

Reporter : Lukman Budianto
Editor : Kiki

DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free