Tampilan Desktop


Berkat Bonggol Pisang, Mahasiswa Farmasi UHO Lolos Pimnas ke-28
76 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Empat mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sulawesi Tengara (Sultra) berhasil lolos seleksi Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-28 tahun 2015 yang diselenggarakan di UHO, 5-9 Oktober mendatang. Dewi Asrianti, Irfan Anwar, Rima Aprianti dan Sakina lolos berkat Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) berjudul “Grow Shine” hair tonic penumbuh dan pelembut rambut dari limbah bonggol pisang.

Dewi Asrianti mengatakan, “Grow Shine” merupakan sebuah produk seperti sampo untuk penumbuh dan pelembut rambut yang dibuat menggunakan bonggol pisang. Nama grow shine sendiri mempunyai arti, grow berarti menumbuhkan dan shine yang memberikan kesan sehat dan bersinar.

Menurut Dewi, kelompoknya tertarik menciptakan sampo grow shine dari bonggol pisang karena wilayah Sultra, khususnya di Kota Kendari terdapat banyak tanaman pisang dan pemanfaatannya hanya sebatas buahnya saja yang dikonsumsi.

“Sebagai mahasiswa jurusan farmasi kami ingin membuat produk yang bermanfaat buat orang banyak, namun di sisi lain juga ingin mengurangi limbah bonggol pisang yang ada di lingkungan sekitar kita. Kami memilih bonggol pisang ini karena secara empiris bonggol pisang memiliki zat aktif untuk membantu munumbuhkan dan merawat rambut,” beber Dewi ketika ditemui di Laboratorium Farmasi UHO, Rabu (30/9/2015).

Sementara itu, Rini Hamsidi, dosen pembimbing mahasiswa tersebut mengaku dalam pembuatan produk sampo anak asuhnya itu banyak mengalami kendala. Salah satunya mengenai izin dari badan pengawas obat dan makanan (BPOM) dan departemen kesehatan (Depkes).

Untuk perizinan tersebut, kata Rini sangat dibutuhkan karena produk yang dibuat tidak hanya sebatas bahan untuk pimnas saja, melainkan bisa diproduksi dalam jumlah banyak dan dipasarkan ke masyarakat luas.

Untuk memperoleh izin dari BPOM, lanjut dia pihak fakultas harus ke Surabaya untuk meminta langsung izin dinas kesehatan.
Menghadapi pimnas kali ini, pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin agar meraih hasil yang terbaik.

”Mahasiswa kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk membanggakan Fakultas Farmasi sendiri serta universitas sebab tahun ini kita adalah tuan rumah penyelenggaraan Pimnas yang ke-28,” ujar Rini.

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com