Tampilan Desktop


Berkunjung Ke Bombana, Polisi Jepang Puji Kinerja Kapolsek Rumbia
132 Dibaca

ZONASULTRA.COM, RUMBIA– Polisi Jepang, Takeuchi berkunjung ke Polres Bombana dengan agenda untuk mengecek kinerja dari polisi masyarakat melalui bhayangkara pembina keamanan dan ketertiban masyarakat (Bhabinkamtibmas) apakah telah berjalan sesuai dengan sistem yang dianut Indonesia dari kepolisian Jepang.

Kepolisian Sektor (Polsek) Rumbia menjadi rujukan uji petik dari Polres Bombana terkait bhabinkamtibmas. Pihak kepolisian Jepang ini pun memuji kinerja dari Kapolsek Rumbia Ipda Muh. Arman karena Polsek Rumbia telah melakukan penataan terhadap angotanya sesuai dengan yang diharapkan.

Melalui juru bicaranya, Takeuchi mengatakan bahwa dirinya salut dengan kinerja Polsek Rumbia.

“Mulai dari sistem administrasinya sudah bagus dan sudah dijalankan, juga sesuai dengan mekanisme yang diinginkan bersama karena dengan adanya Bhabinkamtibmas ini tindak kriminal berangsur-angsur berkurang dan ini saja baru berjalan tahun 2015 jadi ini hal yang hebat”, ujar pria yang jika di Indonesia telah berpangkat Kombespol ini.

Pilot project kerjasama dengan Indonesia ini, lanjut Takeuchi akan berakhir pada tahun 2017 mendatang, namun jika ada permintaan untuk melanjutkan tidak menutup kemungkian kerjasama tersebut akan kembali berlanjut. Meski begitu, dia berharap kepolisian Indonesia tetap menjalankan Bhabinkamtibmas meski kerjasama Indonesia-Jepang telah berakhir.

“Di Polda Sultra ini ada tiga Polres yang dikunjungi yaitu Kolaka, Bombana dan terakhir Polres Kendari dan hasil dari supervisi ini akan kami laporkan di Kepolisian Jepang”, tutur Takeuchi.

Sementara itu, Kapolsek Rumbia, Ipda Muh. Arman mengucapkan terimakasih sebesar- besarnya kepada Kapolres Bombana yang telah memberikannya kepercayaan.

“Terimakasih yang sebesar- besarnya kepada pimpinan Kapolres Bombana yang telah memberikan kepercayaan kepada Polsek Rumbia untuk melakukan uji petik bhabinkamtibmas”, ungkapnya

Untuk diketahui, Bhabinkamtibmas di Indonesia menganut sistem kepolisian masyarakat yang diterapkan di Jepang sehingga Bhabinkamtibmas melakukan pendekatan-pendekatan kepada masyarakat dengan melakukan kegiatan positif yang dapat mencegah terjadinya tindak kriminal.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, sudah tiga Polda yang dikunjungi yaitu Polda Kalimantan Barat, Polda Metro Jaya dan Polda Sultra.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com