Tampilan Desktop



Berkunjung ke Kabupaten Buton, Jangan Lewatkan 4 Lokasi Wisata Gratis Ini
799 Dibaca

Berkunjung ke Kabupaten Buton, Jangan Lewatkan 4 Lokasi Wisata Gratis Ini

Wisata Kabupaten Buton

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI– Keindahan alam Pulau Buton tidak dapat dipungkiri lagi karena sebagian besar wisata alam yang ada di Sulawesi Tenggara (Sultra) berada di Pulau tersebut, salah satunya adalah Kabupaten Buton.

Kali ini Zonasultra.com merangkum 4 lokasi wisata gratis yang dapat Anda kunjungi ketika berkunjung di Kabupaten Buton.

1. Bukit Teletubies

Bukit Teletubies berada di Kecamatan Pasarwajo atau sekitar 35 km dari pusat kota Bau-bau dengan jarak tempuh sekitar 30 menit. Hamparan bukit batu kapur berjejer rapi di sepanjang jalan yang menghubungkan kota Bau-bau dan Pasarwajo ini.

Bukit Teletubies

Bukit Teletubies

Di lokasi ini Anda dapat merasakan dingin dan segarnya angin yang bertiup kecang. Untuk menikmati keindahan bukit Anda dapat naik ke bukit melalui jalur yang dibuat oleh warga setempat. Jalan ini merupakan jalur yang digunakan warga untuk masuk ke lahan perkebunan di sekitaran bukit.

Di atas bukit, pemandangan laut Pasarwajo dapat terlihat jelas. Tempat ini juga merupakan jalur yang sering dikatakan Letter S oleh warga Kota Baubau dan Pasarwajo sebab jalan memiliki pembelokan yang tajam setiap sudutnya. Jadi ketika berkunjung ke lokasi ini harus berhati-hati.

Dari Bukit Teletubies menuju pusat Kota Pasarwajo membutuhkan waktu sekitar 25 menit menggunakan kendaraan dengan jarak tempuh sekitar 15 km.

2. Kali Biru

Kali biru merupakan salah satu tempat yang ramai dikunjungi oleh warga setempat atapun pendatang yang berkunjung ke Pasarwajo. Kali ini berada di daerah Banabungi atau sekitar lapangan pelabuhan Bungi atau orang sekitar mengatakan daerah ini berada dekat dengan perumahan Honex. Sebab kali biru tepat bersampingan dengan bekas kantor tambang aspal.

Kali Biru

Kali Biru

 

Disebut Kali Biru karena dari kejauhan warna airnya berwarna biru ditambahkan dengan tanggul pelindungnya pula dicat berwarna biru sehingga menambah keindahan lokasi ini.

Kali Biru memiliki air yang begitu jernih. Konon permandian ini merupakan anugerah yang diberikan oleh Tuhan karena memiliki kejernihan serta sumber air berasal dari mata air yang keluar dar bebatuan.

Anda juga dapat dengan mudah melihat ikan dalam sungai ini. Bagi pengunjung yang ingin berenang tak ada masalah asalkan siap untuk merasakan dinginnya air dari Kali Biru.

(Baca Juga : 7 Surga Wisata Tersembunyi di Sulawesi Tenggara)

Di sekitaran permandian terdapat warung makan yang tertata rapi lengkap dengan gazebo bagi pengunjung. Untuk masuk di lokasi ini Anda tak perlu mengeluarkan uang sepersen pun sebab pemeritah setempat menjadikan lokasi ini sebagai salah satu pusat keramaian yang terbuka untuk umum.

Sementera itu, jajanan yang disediakan di lokasi ini sangat terjangkau bagi pengunjung jadi tidak perlu takut untuk kehabisan ongkos berkunjung ke Kali Biru.

3. Permandian Watobura

Permandian Watobura

Permandian Watobura

Permandian Watobura adalah permandian yan berada di Desa Holimombo, Kecamatan Wabula. Lokasinya berada di pinggir jalan yang menghubungkan Pasarwajo dan Wabula. Jaraknya 15 km dengan waktu tempuh 15 menit dari Dongkala daerah kompleks perkantoranTakawa.

Permandian Watobura memiliki keunikan air berwana biru yang di dalamnya hidup sejumlah spesies ikan karang yang menjadi salah satu pemandangan unik bagi pengunjung. Saat air pasang, air akan memenuhi kolam utama permandian, namun jika air surut karang akan terlihat nampak menghiasi kolam permandian dari lokasi ini.

Tak ada biaya yang perlu Anda keluarkan untuk masuk ke lokasi wisata ini. Untuk fasilitas belum memadai hanya saja akses jalan untuk masuk ke wisata ini telah dibuat jalan setapak serta memiliki gerbang utama untuk masuk ke lokasi wisata.

4. Sungai Topa

Sungai Topa adalah salah satu permandian yang berada di pinggir Pantai Topa, di Kecamatan Wabula atau sekitar 20 km dari pusat kota Pasarwajo dengan waktu tempuh sekitar 25 menit.

 Sungai Topa

Sungai Topa

Sungai Topa memiliki air yang sangat jernih, dasar pasir putih yang dimiliki sungai ini dapat terlihat jelas dari permukaan. Warga sekitar banyak menggunakan permandian ini untuk melakukan aktivitas sehari-hari seperti mencuci atapun sekedar untuk mandi.

Kabarnya, pemerintah Kabupaten Buton akan menjadikan lokasi ini sebagai salah satu pusat wisata karena jaraknya tak jauh dari Pantai Topa.

(Baca Juga :8 Wisata Terindah Ini Ternyata Ada di Sultra)

Pantai Topa sendiri memiliki keunikan, dimana saat air laut surut hamparan pasir putih akan terlihat begitu jelas seperti lapangan sepak bola.

Untuk masuk ke lokasi ini, Anda tak akan dipungut biaya. Untuk fasilitas belum memadai jadi kesini jangan lupa membawa bekal makanan atau snack.

Jadi, saat Anda berkunjung ke Kabupaten Buton tak ada salahnya jika mengunjungi 4 lokasi wisata gratis ini. Selamat berlibur salam pesona Sulawesi Tenggara. (A)

 

Reporter: Ilham Surahmin
Editor: Jumriati

Tagged with: ,
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free