Tampilan Desktop


Besok, Lapas Khusus Anak di Kendari Diresmikan
52 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI –Secara serentak besok, Rabu (5/8/2015), Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) di seluruh Indonesia berencana merubah sistem dan suasana di lembaga pemasyarakatan (Lapas) anak-anak menjadi lebih manusiawi dengan berganti menjadi Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA). Demikian pula di Lapas Klas II A Kendari, yang menurut rencana akan diresmikan oleh Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Nur Alam.

Kepala Kanwil Hukum dan HAM Sulawesi Tenggara Ilham Djaya menjelaskan bahwa dengan kehadiran LPKA  ini, diharapkan akan memberikan rasa aman dan nyaman bagi  narapidana (Napi) anak bila dibandingkan ketika mereka berbaur dengan napi dewasa.

“Lapas anak-anak ini lebih dititikberatkan pada pembinaan mental bagi si anak yang terkesan lebih ramah dan humanis, yaitu dengan cara merubah sistem penjara menjadi sebuah wahana pembelajaraan dan pendidikan,” kata Ilham saat wawancara di ruang kerjanya, Selasa (04/08/2015).

Kondisi lapas anak yang berubah menjadi LPKA ini akan terlihat berbeda dari biasanya. Seperti menghilangkan sel jeruji besi menjadi satu ruangan besar namun tidak bercampur dengan napi dewasa. Para sipir di lapas anak juga akan berpakaian rapi dan memakai dasi tanpa pentungan (alat pemukul) untuk menghilangkan kesan menyeramkan.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com