Tampilan Desktop


Besok Seluruh Balon Bupati dan Walikota se Sultra Lakukan Tes Bebas Narkoba di BNNP Sultra
193 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Jelang pilkada serentak di Sultra, Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulawesi Tenggara (Sultra) akan menggelar pemeriksaan bebas narkoba, kepada seluruh bakal calon kepala daerah dari tujuh daerah yang akan menggelar Pilkada di Sultra.

Hal itu di ungkapkan langsung oleh Kabid Rehabilitasi BNNP Sultra La Mala, yang juga selaku Penanggungjawab tim Pemeriksa Narkotika Balon Pilkada di Sultra, Jumat (23/9/2016).

ilustrasi-bnn-sultra

Ilustrasi

“Kita sudah melakukan persiapan sejak dua minggu lalu, bersama KPU Sultra dan KPU Kabupaten/ Kota. Hari ini kita finishing di BNNP Sultra, untuk mempersiapkan hal-hal yang terkait dengan pemeriksaan narkotika yang rencananya akan di gelar secara serentak pada, Sabtu (24/9/2016) besok,” tuturnya.

Semua bakal calon bupati/ walikota, lanjutnya, akan di periksa sesuai dengan standar yang sudah di tetapkan oleh pihaknya. Sesuai standar pemeriksaan nantinya, akan di laksanakan dalam tiga tahapan yakni tes urine, tes darah dan tes rambut. Pelaksanaan uji narkotika itu pun di laksanakan di kantor BNNP Sultra, meski nanti BNNP Sultra tidak terpisahkan dari tim kesehatan yang di bentuk oleh Rumah Sakti Bahteramas.

“Jadi kami ini hanya anggota, tapi yang menetapkan timnya adalah rumah sakit Bahteramas selaku rumah sakit pemerintah yang melaksanakan tes kesehatan. Jadi narkoba ini merupakan bagian dari tes kesehatan, tetapi kami di kasih kewenangan,” ujarnya.

Untuk pemeriksaan rohani seluruh balon bupati dan walikota, akan di laksanakan oleh Himpunan Pekerja Sosial Indonesia (HIPSI) serta pemeriksaan fisik dan jasmani akan di laksanakan di RS Bahteramas Kendari. Sementara itu, pihak KPU nantinya berfungsi untuk memberi tahukan kepada pasangan calon, untuk melaksanakan pemeriksaan tersebut.

“Persoalan mereka akan hadir saya tidak tahu, tapi yang jelas kami sudah beri kewenangan untuk melaksanakan tes urine kepada seluruh pasangan calon. Ini jadi kendala juga, karena ini adalah tahapan pilkada ini kan ada masa rentang waktu. Bahwa tanggal 28 itu sudah harus pleno, sementara pemeriksaan narkotika itu yang bisa kita lakukan di sultra hanya tes urine saja,” ungkapnya.

Namun untuk tes darah dan tes rambut, nantinya akan di kirim ke BNN Pusat dan akan memakan waktu satu hingga tiga hari kedepan. “Makanya kita tetapkan kemarin pada rapat KPU, supaya pemeriksaan narkotika ini serentak. Semua datang pada tanggal 24 itu, terkecuali ada hal hal lain yang kita tidak tau,” tutupnya.

Pihaknya pun berharap, pada pelaksanaan besok, seluruh calon kepala daerah, tanpa terkecuali dari tujuh Kabupaten/ Kota dapat melaksanakan pemeriksaan urine di BNNP Sultra. Pihaknya pun siap menunggu sejak pukul 08.00 wita hingga malam nanti,sementara untuk hasil tes urine nantinya akan di sampaikan pada, (28/9/2016) mendatang. (B)

 

Reporter : Randi Ardiansyah
Editor     : Tahir Ose

Tagged with:
DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com