Tampilan Desktop


BI-Pemkot Kendari Sepakat Transaksi Non Tunai
54 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Bank Indonesia (BI) perwakilan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama Pemerintah Kota Kendari sepakat untuk mengembangkan transaksi keuangan non tunai dalam hal penerimaan maupun pengeluaran pemerintah. Hal ini diwujudkan dengan penandatanganan nota kesepahaman kerjasama dan koordinasi dalam rangka pelaksanaan tugas antara BI perwakilan Sultra dan Pemkot Kendari di ruang rapat kantor BI, Jalan Sultan Hasanuddin Kendari, Kamis (25/6/2015) sore.

Kepala Perwakilan BI Sultra Dian Nugraha mengatakan, beberapa jenis transaksi pemerintah saat ini sudah menggunakan sarana non tunai namun masih banyak peluang yang bisa dikembangkan lagi.

“Ada banyak transaksi yang bisa dilakukan dengan sistem non tunai seperti pembayaran tiket bus, pembayaran tiket kapal cepat, parkir kendaraan, pembayaran pajak dan retribusi, perjalanan dinas pegawai, gaji pegawai honorer dan masih banyak lagi,” kata Dian Nugraha.

Dian mengungkapkan, penggunaan transaksi non tunai akan memberikan manfaat bagi pemerintah daerah karena meningkatkan efisiensi, transparansi dan akuntabilitas proses pencatatan dan pelaporan keuangan.

“Kita berharap ke depan penggunaan uang tunai di Kota Kendari dan sekitarnya perlahan akan berkurang dan diganti dengan transaksi non tunai yang lebih aman, efisien dan cepat,” ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Kendari Asrun menyambut baik kerjasama tersebut. Apalagi Pemerintah Kota Kendari saat ini tengah mengembangkan program smart city. Sebagai kota pintar, kata dia, salah satu indikatornya adalah transaksi keuangan non tunai.

“Kita tengah membangun smart poin di Teluk Kendari sebagai langkah awal menjadi smart city. Di sini nantinya segala transaksi keuangan akan menggunakan non tunai, mulai parkir hingga kuliner,” kata Asrun.

Selain itu, tambahnya, saat ini pembayaran non tunai sudah diimplementasikan 100 persen pada bus Trans Lulo. Transaksi-transaksi non tunai ini diharapkan akan berlanjut ke sektor-sektor lainnya seperti parkir kendaraan.

Dalam rangka implementasi gerakan non tunai di lingkup Pemerintah Kota Kendari, pada hari yang sama ditandatangani pula nota kesepahaman antara Pemerintah Kota Kendari, BI dan Bank BRI yang bertujuan untuk mengakselerasi proses migrasi pembayaran tunai menjadi non tunai di lingkungan Pemerintah Kota Kendari.

 

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com