Tampilan Desktop



BI Proyeksi Triwulan I 2015 Ekonomi Sultra Meningkat
15 Dibaca

“Ada beberapa aspek yang membuat kami optimis pertumbuhan ekonomi Sultra akan positif diantaranya membaiknya kinerja ekspor seiring dengan sudah mulai beroperasi secara optimal beberapa smelter di Su

“Ada beberapa aspek yang membuat kami optimis pertumbuhan ekonomi Sultra akan positif diantaranya membaiknya kinerja ekspor seiring dengan sudah mulai beroperasi secara optimal beberapa smelter di Sultra dan meningkatnya produksi nikel serta meningkatnya produksi PT Antam,” kata Deputi Kepala Perwakilan Bidang Ekonomi Moneter BI Sultra Harisuddin dalam acara Forum Koordinasi Ekonomi dan Keuangan Regional Sultra di Hotel Swiss Bell Kendari, Kamis (19/3/2015).
Dilain sisi pertumbuhan ekonomi Sultra pada triwulan IV 2014 hanya tumbuh sebesar 5,31% dibandingkan dengan tahun 2013 pada triwulan yang sama (yoy). Pertumbuhan ini lebih lambat dari pertumbuhan triwulan sebelumnya sebesar 5,86%.
Menurut Harisuddin perlambatan ekonomi Sultra pada triwulan IV tersebut disebabkan oleh beberapa fakfor seperti penurunan kinerja sektor pertambangan akibat pemberlakuan UU Minerba yang masih terus memberikan dampak. Kemudian perlambatan kinerja sektor pertanian yang tengah memasuki musim tanam dan impor yang meningkat akibat tingginya konsumsi sejalan dengan pembangunan smelter serta ekspor yang masih terkontraksi.
“Pertumbuhan ekonomi Sultra selama triwulan IV masih ditopang oleh tiga sektor andalan yaitu pertanian, pertambangan dan industri pengolahan yang terus menunjukkan tren pertumbuhan yang positif,” paparnya.
Di tempat yang sama, Sekretaris Daerah Sultra Lukman Abunawas mengungkapkan komitmen pemerintah provinsi untuk terus meningkatkan perekonomian Sultra dengan memanfaatkan semua sumber daya alam secara optimal. Memberikan pelayanan terpadu dan meningkatkan ekspor Sultra serta terus berupaya untuk menekan inflasi.
“Wilayah Sultra 75% itu adalah laut dan sisanya daratan, tapi ternyata 70% pendukung ekonomi Sultra justru berasal dari daratan yaitu sektor pertanian dalam arti luas. Sektor kelautan belum kita kelola dengan baik, dan ini yang akan menjadi perhatian pemerintah ke depan bagaimana meningkatkan sumber daya kita secara optimal termasuk sektor kelautan” ungkap Lukman. (**Jumriati)
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free