Tampilan Desktop


BI Rate Turun Lagi, Kini 7 Persen
54 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) pada 17 dan 18 Februari 2016 memutuskan untuk menurunkan tingkat suku bunga acuan alias BI Rate sebanyak 25 basis poin (bps). Kini BI Rate menjadi 7%.

BI Rate Turun Lagi, Kini 7 Persen

Ilustrasi

Dikutip dari laman resmi BI, bi.go.id pada Jumat (19/2/2016), selain menurunkan BI Rate, BI juga menurunkan besaran suku bunga deposit facility menjadi 5% dan lending facility menjadi 7,5%.

Selain itu, bank sentral juga menurunkan tingkat setoran giro wajib minimum (GWM) primer dalam rupiah sebesar 1% menjadi 6,5% berlaku efektif sejak 16 Maret 2016.

Keputusan penurunan tersebut dilakukan sejalan dengan ruang pelonggaran kebijakan moneter yang semakin terbuka dengan semakin terjaganya stabilitas makroekonomi, khususnya penurunan tekanan inflasi di 2016, serta meredanya ketidakpastian di pasar keuangan global.

Kebijakan penurunan BI Rate dan GWM primer dalam Rupiah tersebut diharapkan dapat memperkuat upaya mendorong pertumbuhan ekonomi yang sedang berlangsung.

Bank Indonesia juga akan terus memperkuat koordinasi dengan pemerintah untuk memastikan pengendalian inflasi, penguatan stimulus pertumbuhan, dan reformasi struktural berjalan dengan baik, sehingga mampu menopang pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan ke depan dengan tetap menjaga stabilitas makroekonomi.

 

Penulis : Jumriati

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com