Tampilan Desktop


BK Soroti Legislator Sultra Yang Malas
17 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Masa jabatan para senator provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) kini telah mencapai 1 tahun setelah dilantik awal Oktober 2014 lalu. Namun sungguh disayangkan karena ternyata masih ada anggota dewan yang masuk kategori malas.

Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Sultra Abdul Malik Silondae mengungkapkan jumlah anggota dewan yang malas jika dipresentasikan mencapai 5 persen dari total 45 anggota dewan. Hal itu belum termasuk teguran lisan yang telah banyak dikeluarkan.

“Hanya saja tentang siapa orangnya itu tidak boleh diekspose. Berdasarkan kode etik BK, hal seperti itu tidak boleh dibuka ke publik tanpa melalui rapat BK. Jika saya sebut yang malas atau yang ditegur itu, saya sendiri juga bisa menyalahi kode etik,” kata Malik di ruang komisi 2 DPRD Sultra, Selasa (27/10/2015).

Mengenai teguran yang dilayangkan yakni terkait ada anggota dewan yang berspekulasi soal hasil rapat  dengan bicara di luar padahal tidak mengikuti rapat. Selain itu kata Malik, ada juga anggota Dewan yang menyalahi kode etik karena persoalan tata ucap yang seharusnya tidak diucapkan seorang anggota dewan.

Tahapan pemberian sanksi yang pertama adalah teguran secara lisan, kemudian teguran tertulis, dan nantinya akan dikembalikan kepada partai untuk diberi sanksi. Lanjut Malik, jika tidak ada perubahan maka dilanjutkan dengan teguran tertulis. Terakhir jika masih bandel juga maka BK akan menggelar rapat dan diparipurnakan untuk dilakukan Pergantian antar waktu (PAW)  atau tidak.

“ BK masih sebatas mengeluarkan teguran lisan. Yang malas-malas juga itu kini sudah menunjukkan akfitas yang baik,” ujar Malik.

Malik menambahkan   perilaku malas beberapa  anggota DPRD itu tidak boleh  berlanjut karena menurutnya , akan berdampak  pada citra lembaga legislatif ini.

Sementara itu informasi yang di himpun  awak ZONASUlTRA, kepada  sejumlah staf DPR, menyebutkan selama setahun bekerja sebagai  membantu urusan para senator  itu,  mereka  cukup mengetahui  para wakil rakyat  yang rajin dan malas datang berkantor. Dari 45 senator itu  ada dua  yang masuk  kategori malas berkantor  Keduanya berinisial ADP dari PAN dan LT dari PDI-Perjuangan. Adapun senator yang dinilai rajin antara lain AMS dari PDI- Perjuangan, SA dari PAN, dan  YlA dari partai Nasdem.

“Anggota dewan itu punya kebiasaan yang beda-beda ada yang memang pagi  sudah di kantor tapi ada juga yang memilih datang lebih siang.  Kalau yang satu ini,  ADP beh memang malas kasihan,  bisaji kita hitung dalam setahun berapa kali dia datang, cobami pergi lihat absenya dipersidangan”  jelas  seorang staf yang enggan di sebutkan namanya.

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com