Tampilan Desktop



BKD Sultra: Ada Peluang Rekrutmen CPNS Dibuka 2017
1975 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulawesi Tenggara (Sultra) Nur Endang Abbas mengungkapkan ada peluang rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) akan dibuka pada 2017 mendatang. Informasi ini diterima pihaknya dalam rapat bersama seluruh Kepala BKD se-Indonesia Timur yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) beberapa waktu lalu.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulawesi Tenggara (Sultra) Nur Endang Abbas

Nur Endang Abbas

Melalui BKN diberikan catatan, keuangan negara memungkinkan menerima pegawai, sehingga bukan tak mungkin penerimaan akan dilakukan untuk mengisi sekitar 30.000 formasi CPNS,” ungkap Nur Endang Abbas dalam rapat pembahasan APBD 2017 di DPRD Sultra belum lama ini.

Ia mengatakan, salah satu hasil rapat BKD se-Indonesia Timur adalah adanya permintaan penerimaan CPNS tahun 2017, baik itu formasi umum ataupun dengan perjanjian kontrak (P3K). Namun hal ini belum diputuskan karena akan disesuaikan dengan kemampuan anggaran negara. “Mudah-mudahan kita berharap keuangan negara kita cukup, jadi penerimaan bisa dilakukan 2017,” kata Endang.

Endang menambahkan, untuk tahun ini nampaknya pemerintah belum mau menerima pengangkatan CPNS. Hal tersebut dibuktikan dengan rekrutmen bidan pegawai tidak tetap (PTT) dan guru terpencil yang dilakukan Oktober lalu. Meski pengumuman tes sudah diumumkan, hingga saat ini belum diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

“Hasilnya sudah dilaporkan ke presiden untuk bagaimana diakomodir. Tapi sampai sekarang belum ada jawaban. Padahal mereka sudah lulus ujian tesnya. Makanya kita berharap khusus yang di Sultra bidan PTT dan guru terpencil yang sudah tes juga bisa diangkat menjadi PNS tahun depan,” terangnya.

Berita Terkait : BKN Belum Pastikan Ada Penerimaan CPNS di 2017

Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Sultra Lukman Abunawas mengatakan lima kabupaten kemungkinan akan membuka formasi penerimaan CPNS pada 2017 mendatang. Kelima daerah tersebut merupakan kabupaten yang belum lama dimekarkan menjadi daerah otonom, yakni Kabupaten Muna Barat (Mubar), Buton Tengah (Buteng) dan Buton Selatan (Busel), Kolaka Timur (Koltim) dan Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep).

“Penerimaan ini adalah formasi umum. Dimana yang prioritas dalam penerimaan PNS adalah guru 40 persen, kesehatan 30 persen dan 30 persen lainnya untuk formasi yang lain,” ungkap Lukman. (B)

 

Reporter : Ilham Surahmin
Editor : Jumriati

DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free