Tampilan Desktop



BKKBN Libatkan Tokoh Agama Sosialisasi Program KB dan Kependudukan
53 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Sebagai mitra Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Forum Antar Umat Beragama Peduli Keluarga Sejahtera dan Kependudukan (Fapsedu) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) membantu mengimplementasikan program keluarga berencana (KB) dan kependudukan kepada seluruh umat beragama di Sultra.

Ketua Fapsedu Sultra H. Muslim

H. Muslim

Ketua Fapsedu Sultra H. Muslim mengatakan BKKBN melibatkan pemuka agama untuk memberikan pencerahan karena masyarakat yang masih taat dan patuh terhadap para pemuka agama. Selain itu, mengajak kepada umat untuk pencapaian program KB.

Kata Ketua MUI Sultra itu, Fapsedu melakukan sosialisasi pemahaman bahwa program KB bisa dilihat dari berbagai konteks.

“Kalau KB itu dikatakan pembunuhan, maka semua agama tidak memperbolehkan dalam melakukan pembunuhan. Inilah yang menjadi persolan,” kata dia saat ditemui di acara Musyawarah Daerah I Fapsedu di Hotel Grand Clarion Kendari, Senin (13/3/2017).

Menurutnya jika melakukan program tersebut sebagai ikhtiar, bukan melarang untuk melahirkan, namun mengarahkan untuk mengatur kelahiran. Demi menciptakan generasi yang kuat, cerdas, dan masyarakat yang sejahtera.

Kata Muslim, tidak ada kendala-kendala yang dihadapi dalam mengimplementasikan program KB maupun kependudukan, sebab BKKBN mendukung secara penuh forum sebagai mitra.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BKKBN Sultra Ali Ismail mengatakan Fapsedu merupakan salah satu organisasi tokoh-tokoh​ agama yang akan mengimplementasikan program-program BKKBN di setiap agama masing-masing. Apabila melakukan pendekatan BKKBN masih kurang dipercaya oleh masyarakat, maka Fapsedu akan masuk memberikan pemahaman kepada umat tersebut.

Kata Ali, yang terlibat dalam forum ini dibekali dengan program lependudukan dan KB. “Misal, saat memberikan khotbah, pesan tentang pentingnya kependudukan secara umum dan KB turut disampaikan,” jelas dia.

Forum yang sudah terbentuk lima tahun ini, melalui musyawarah yang diselenggarakan pada hari ini bisa menghasilkan ketua dan kepengurusan baru yang dapat memberikan kontribusi​ kerja yang lebih baik lagi. Demi kepentingan dan kemaslahatan umat beragama di Sultra.

Selanjutnya, BKKBN siap memberikan dukungan anggaran kepada forum sebagai mitra sehingga dapat memberikan informasi baik tentang KB, kependudukan, kesehatan, ekonomi, pendidikan, dan lainnya kepada masyarakat. (B)

 

Reporter : Sitti Nurmalasari
Editor: Jumriati

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free