Tampilan Desktop


BLH : RS Harus Miliki Pembuangan Limbah Pasien
40 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI –  Sekretaris Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), Arianto, menegaskan  setiap rumah sakit (RS) harus memiliki tempat pembuangan limbah pasien. Khusus di Konawe pihaknya akan memberi tindakan tegas terhadap RS yang tidak memenuhi aturan tersebut salah satunya RS bersalin  Setia Bunda yang belakangan diketahui tidak memiliki pembuangam limbah pasien. (Berita terkait : Rumah Sakit Bersalin di Konawe Tidak Miliki Pembuangan Limbah)

Dia menjelaskan, idealnya sebelum difungsikan sebuah RS harus menyiapkan tempat khusus pembuangan limbah pasien agar tidak terjadi pencemaran lingkungan.
“Itu sudah aturannya dalam standar operasional RS, dimana didalamnya itu diharuskan kepada rumah sakit manapun untuk menyiapkan tempat khusus pembuangan limbah dan apapun alasannya sampah atau limbah medis itu tidak dibenarkan untuk dibakar,” kata Arianto, Senin (18/05/2015)
Terkait temuan di RS bersalin itu,  pihaknya akan memeriksa izinnya. Selain itu BLH Konawe juga akan turun melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke lokasi, untuk memastikan informasi yang diterimanya.
“Kalau terbukti tidak memiliki tempat pembuangan limbah, kemungkinan kita akan memberikan teguran keras dan jika nantinya tidak di indahkan maka sanksi terberat pasti akan kita berikan,” imbuhnya.
Sebelumnya telah di beritakan RS  Bersalin yang berlokasi di Kelurahan Ambekairi, Kecamatan Unaaha, Kabupaten Konawe diduga kuat tidak memiliki tempat pembuangan limbah. Selain itu dari pantauan awak zonasultra.com di tempat tersebut sampa-sampa medis dibuang begitu saja di belakan gedung tersebut, bahkan terdapat sisa-sisa pembakaran sampah yang kebanyakan botol infus, selang infus, perban bekas pake, spoit lengkap dengan jarum suntik bekas pake, serta sampah medis lainnya. (**Restu)
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com