Tampilan Desktop


BMKG: Hujan Hari Ini Berpotensi Lama
57 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Kendari Sulawesi Tenggara (Sultra) memperkirakan, hujan yang mengguyur wilayah Kota Kendari dan sekitarnya sejak pagi hari ini, Jumat (19/6/2015) akan berlangsung lama.

Kasi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim (Stamar) Kendari Aris Yunatas mengatakan, pengaruh hangatnya suhu muka laut di wilayah perairan Sultra memicu banyaknya massa udara basah atau uap air di atmosfir sehingga potensi terjadinya hujan dalam waktu lama bisa terjadi. Selain itu, adanya gangguan (daerah tekanan rendah) di sebelah utara pulau Papua menyebabkan adanya shearline (belokan angin) yang menyebabkan perlambatan aliran massa udara (penumpukan) di wilayah Sultra.

“Kondisi atmosfir itulah yang menjadi penyebab hujan di Kota Kendari dan sekitarnya hari ini,” tulis Aris melalui pesan Whatshap kepada Zonasultra.com, Jumat (19/6/2015).

Berdasarkan data analisa curah hujan yang tercatat selama 18 tahun di Stamar Kendari, kata Aris menunjukan bahwa bulan Juni merupakan puncak dari musim hujan.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com