Tampilan Desktop

BPBD Buton Minta Pemda Buatkan Perda Penanggulangan Bencana
34 Dibaca

ZONASULTRA.COM, PASARWAJO – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Buton meminta pemerintah daerah setempat untuk membuat perda tentang penanggulangan bencana.

Ilustrasi

Ilustrasi

Kepala BPBD Kabupaten Buton Joni Rasyid mengatakan, salah satu tujuan perda tersebut agar memiliki payung hukum sehingga penanggulangan bencana dapat diidentifikasi lebih dini. Dengan adanya perda, pemda juga mengalokasikan dan ke BPBD.

“Kalau ada payung hukumnya kan jika terjadi bencana maka ada dana dari pemda yang dianggarkan ke BPBD untuk menanggulangi bencana itu,” kata Joni ditemui di ruang kerjanya, Rabu (11/2/2016).

Joni mengakui bahwa selama ini pemda tidak pernah menganggarkan dana penanggulangan bencana ke BPBD sehingga tahun ini pihaknya berharap pemerintah membuat perda, baik itu penanggulangan bencana, darurat bencana, dan pasca bencana.

“Ini menjadi prioritas kita untuk dimasukan di perda, karena selama ini tidak boleh diprogramkan sebab tidak ada perdanya, atau dicoret,” sebutnya.

Dia melanjutkan, saat ini pihaknya sudah memasukan Rancangan Peraturan Daerah (Rapperda) tersebut ke DPRD Buton untuk bisa dibahas menjadi Perda.

“Kita berharap dengan adanya Perda itu nantinya bisa memaksimalkan kita dalam melakukan deteksi dini terhadap kemungkinan adanya bencana,” pungkasnya. (B)

 

Reporter: Nanang Suparman
Editor: Jumriati

JN ZonaSultra

View all contributions by JN ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com