Tampilan Desktop



BPBD Butur Akhiri Kesulitan Air Bersih di Dua Desa Ini
41 Dibaca

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Desa Laantagi, Kecamatan Kulisusu dan Rahmat Baru Kecamatan Kulisusu Barat adalah dua tempat yang sulit mendapatkan air bersih.

Untuk mengatasi persoalan tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Derah (BPBD) pun hadir memberikan solusi dengan membangun sumur bor di masing-masing desa tersebut.

LM. Yurif Halir

LM Yurif Halir

Kepala BPBD Butur LM. Yurif Halir menuturkan, pembuatan sumur bor itu merupakan bagian dari tanggung jawab instansi yang ia pimpin dalam mengatasi bencana kekeringan. Lebih dari itu, pada sisi kemanusiaan, ia juga memandang bahwa air adalah kebutuhan yang sangat vital.

“Kita kan rasa kemanusiaan, karena kebutuhan vital itu air. Kalau musim hujan ada, tetapi kalau masuk musim kemarau, habis,” tuturnya saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (15/5/2017).

Yurif menambahkan, dari kedua desa tersebut, yang sudah rampung pekerjaannya baru di Desa Lantagi. Olehnya itu ia berharap, agar pemerintah desa setempat bersama-sama warga dapat menjaga dan memelihara sumur bor tersebut.

“Kita harap supaya dipelihara, barang ini (sumur bor) dipelihara. Harus ada orng yang jaga. Karena ini tidak mungkin dari orang kita mau pergi jaga itu,” harapnya.

Untuk Desa Rahmat Baru, ia mengungkapkan bahwa saat ini pengerjaannya baru sekitar 80 persen. Namun demikian, pihaknya telah melakukan uji coba, dan berhasil mendapatkan air.

“Sekarang Rahmat Baru, 80%, tapi dia kemarin sudah diuji coba, 90 menit air sudah masuk ke rumah-rumah,” terangnya. (B)

 

Reporter : Irsan Rano
Editor : Kiki

DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free