Tampilan Desktop


BPBD Sultra Gelar Latihan Gladi Peta, Gladi Model, dan Gladi Medan
118 Dibaca

BPBD Sultra Gelar Latihan Gladi Peta, Gladi Model, dan Gladi Medan

KESIAPSIAGAAN BENCANA – Saat latihan gladi peta, gladi model dan gladi medan yang dilaksanakan mulai tanggal 23 sampai 32 Maret 2016. Kegiatan tersebut berlangsung di berbagai titik di Kota Kendari, antara lain kompleks kantor BPBD Sultra Andonohu, Kelurahan Punggaloba, dan 10 lokasi rawan banjir di Kota Kendari. (Foto Istimewa)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Berbagai upaya dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk menyiapkan  personilnya dalam kesiapsiagaan bencana. Dengan menggandeng pihak TNI AD (Korem 143 HO dan Kodim 1417 KDI) dalam dua pekan bulan Maret 2016 berturut-turut melakukan latihan gladi peta, gladi model dan gladi medan.

Rangkaian kegiatan latihan gladi peta, gladi model dan gladi medan ini dilaksanakan pada 23 sampai 31 Maret 2016 ini berlangsung di berbagai titik di Kota Kendari, antara lain kompleks Kantor BPBD Sultra Andonohu, Kelurahan Punggaloba, dan 10 lokasi rawan banjir di Kota Kendari.

Kapten Salmar Gona dari Kodim 1417 KDI selaku lead fasilitator dan instruktur pelatihan mengatakan beberapa kegiatan gladi yang dilaksanakan sebenarnya kalau di kalangan prajurit TNI sudah menjadi kegiatan rutin dan wajib diketahui. Pihak TNI khususnya Kodim 1417 KDI  sangat senang dengan proses kolaborasi yang dilakukan dengan BPBD Sultra dan instansi lain terkait penanggulangan bencana yang difasilitasi oleh TATTs Sultra.

“Ini untuk memberikan keahlian dan kemampuan bagi para pelaku tanggap darurat bencana Provinsi Sultra untuk mengenal peta, melakukan latihan tanggap darurat khususnya pergerakan tim ke lapangan dengan menggunakan peta dan model, serta menguji pengetahuan tersebut dengan praktik di lapangan melalui gladi medan,” ujar Salmar.

Sementara itu, Kepala Badan BPBD Sultra Boy Ihwansyah mengatakan semua pihak mempunyai tanggung jawab terhadap terselenggaranya penanggulangan bencana  di Sultra. Olehnya BPBD Sultra tetap berupaya untuk membangun penanggulangan bencana yang sistematis efektif serta terkoordinasi.

“Terus terang saya juga sambil belajar ini, untung ada  TATTs di Kendari khususnya di BPBD Sultra. Jadi selain kita sama-sama belajar, kita juga sudah saling mengenal satu dengan yang lain, dan kita akan terus bangun koordinasi dan kerjasama ini,” kata Boy dalam sambutannya.

Trainer Oficer TATTs Sultra Sahari Ramadhan mengatakan bahwa ada 50 orang peserta yang mengikuti kegiatan gladi tersebut yaitu selain dari  BPBD Sultra,  juga  beberapa perwakilan stakeholder mitra BPBD seperti Dinas Sosial, Basarnas,  Korem 143 HO, Kodim 1417, Polda Sultra, dan lainnya. (B)

 

Reporter: Muhamad Taslim Dalma
Editor: Jumriati

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com