Tampilan Desktop


BPMD Jamin Perekrutan Pendamping Desa Transparan
108 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI– Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMD) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menjamin tidak akan ada kecurangan dalam proses perekrutan pendamping dana desa. Semua bakal transparan dan sesuai dengan mekanisme yang ada.

Kepala Bidang Kelembagaan SDM dan TTG BPMD Sultra, Jaya Bakti mengatakan, saat ini pihaknya tengah merampungkan proses penginputan data pendaftar untuk diserahkan ke pusat. Dia menargetkan proses penginputan tersebut akan selesai akhir pekan ini juga.

Dikatakan Jaya, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi memberikan Sultra kuota sebanyak 617 untuk pendamping lokal desa (PLD), 30 pendamping desa kecamatan dan 30 tenaga ahli. Dari jumlah tersebut, pihaknya diminta mengirimkan 300 persen dari jumlah kuota yang disediakan dalam bentuk long list ke pusat untuk diseleksi.

“Jadi untuk PLD itu kita setor sekitar 1.800-an pendaftar, begitupun untuk pendamping desa dan tenaga ahli masing-masing 90-100 orang. Pusat nantinya akan menyeleksi lagi dan akan mengirimkan hasilnya kembali ke provinsi dalam bentuk short list,” kata Jaya ditemui di ruang kerjanya, Selasa (18/8/2015).

Dari short list tersebut, lanjutnya, akan dilakukan tahapan seleksi aktif. Untuk seleksi PLD akan dilaksanakan di tiap-tiap kabupaten sedangkan pendamping desa dan tenaga ahli akan dilakukan di Kendari. Baik PLD maupun pendamping desa dan tenaga ahli sama-sama akan diseleksi oleh tim dari kementerian desa.

“Tim dari pusat akan turun sendiri untuk melakukan seleksi aktif. Kita hanya menyiapkan fasilitas saja. Jadi tidak akan ada kecurangan,” kata Jaya.

Meski begitu, sampai saat ini pihaknya belum mengetahui pasti kapan tahapan seleksi aktif akan dimulai, mengingat proses penginputan yang masih berlangsung. “Seharusnya per 1 November itu pendamping desa sudah mulai bertugas, namun masih ada beberapa tahapan lagi yang harus dilalui,” ujarnya.

Jaya Bakti meminta masyarakat Sultra untuk tidak usah khawatir akan terjadi kecurangan dalam rekrutment pendamping desa ini. Pihaknya akan mengawal dengan baik perekrutan ini sehingga menghasilkan pendamping desa yang benar-benar profesional.

Para pendamping yang telah lulus akan ditugaskan di 1.820 desa dari 186 kecamatan di 15 kabupaten di Sultra.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com