Tampilan Desktop



Branding Wonderful Indonesia Bakal “Keliling” Kota Marseille
57 Dibaca

ZONASULTRA.COM, MARSEILLE – Semangat Menteri Pariwisata Arief Yahya untuk terus menebarkan branding internationalnya, Wonderful Indonesia terus bergulir. Bahkan semakin kencang di seluruh penjuru dunia. Kali ini, respon datang dari Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Marseille, Dewi M Kusumaastuti.

wonderfull indonesia, pesona indonesia

Ilustrasi

Itu setelah, KJRI memastikan akan memasang branding tersebut di 40 taksi berkeliling kota menyapa Les Marseillais-sebutan bagi penduduk kota-Marseille. Dewi mengatakan, pihaknya menebar branding tersebut bekerjasama dan berkoordinasi dengan Visit Indonesia Tourism Officer (VITO) Prancis di Paris, Eka Moncarre.

Kegiatan promosi bersama itu akan dimulai pada tanggal 1 Juni 2017, mendatang. ”Kami juga akan menyediakan brosur wisata berbagai destinasi wisata di Indonesia yang disediakan dalam taksi,” tambah Dewi yang didampingi Eka.

Menurut Dewi, promosi Wonderful Indonesia melalui taksi di Marseille ini rencananya akan dilaksanakan selama sebulan penuh untuk terus menjaring wisatawan potensial di Perancis ke Tanah Air.

Tentu, info ini akan menambah seru promosi branding Wonderful Indonesia di berbagai belahan dunia. Ada di Times Square New York Amerika Serikat, ada di Schiphol Airport Belanda, ada di Shanghai Tiongkok, di beberapa kota Australia, di Tokyo Jepang dan New Delhi India.

Pengalaman membungkus taxi dengan sticker Wonderful Indonesia sudah pernah dilakukan di Great Britania, saat WTM London tahun 2015 dan 2016. “Tahun 2015 ada 200 black cab taxi London dibungkus Wonderful Indonesia dengan berbagai desain destinasi wisata yang sudah branding dan siap jual. Tahun 2016 naik menjadi 400 taxi yang dibranding,” kata Menpar Arief Yahya.

Baca Juga : Menelusuri Wisata Sejarah Bung Karno Lewat Parade Pesona Kebangsaan 2017

Eka juga menambahkan, branding tersebut nantinya akan menyapa “Les Marseillais” Marseille-Prancis bagian Selatan, serta para wisatawan asing di kota Marseille. Gambar objek wisata Indonesia berupa Bali, Danau Toba, Pulau Komodo dan Candi Borobudur akan “berkeliling kota” melalui promosi Wonderful Indonesia pada 40 taksi Marseille.

“Nah, Taxi Marseille mampu menjaring konsumen tetap hingga 1.000 orang per-bulan dan melewati lebih dari 500 rute jalan setiap bulannya. Melalui exposure kepada sekitar 1,06 juta penduduk Marseille dan sekitar 4 juta wisatawan per tahun di Marseille,” katanya.

Mereka dapat melihat poster iklan di taksi, dengan materi promosi Wonderful Indonesia ini. “Saya kira ini akan efektif dalam menjaring calon wisatawan Prancis ke Indonesia yang biasa liburan mulai musim panas bulan Juli-Agustus,” beber Dewi.

KJRI rencananya juga akan memaksimalkan promosi Wonderful Indonesia, Tour Operator Prancis “Climats du Monde” yang akan menyediakan 2.000 flyer wisata Indonesia yang disediakan di dalam taksi Marseille. ”Kita akan membuat mereka terpesona melihat dan menikmati Indonesia di dalam taxi sambil berkeliling kota,” ujar Eka.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengucapkan terima kasih kepada pihak KJRI yang sangat “Indonesia Incorporated” bersinergi mempromosikan Wonderful Indonesia. “Terima kasih Ibu Konjen RI di Marseille,” ucap Arief Yahya.

Menpar yang mantan Dirut PT Telkom ini adalah salah satu menteri yang sangat konsisten tampil dalam berbagai kegiatan promosi mancanegara dengan branding Wonderful Indonesia. Dia selalu menggunakan benchmark, contoh sukses negara lain dalam model promosi.

Menurut dia, kalau ingin menjadi pemain global, gunakan selalu global standart terutama eksistensi kita saat berpromosi di luar negeri. “Mau tetap atau berubah, mau satu atau lebih dari satu, ada contoh suksesnya. Lakukan apa yang sudah sukses dan mereka (global) sudah lakukan, jangan memulai dari awal. Tapi berawal dari akhir,” ucap lulusan ITB Bandung, Surrey University UK, dan Doktoral di Unpad Bandung itu.

Baca Juga : Wisman Malaysia dan Filipina Terpesona Sensasi Cave Tubing Kalisuci

Kalau sudah urusan marketing, dari promosi multichannel, Arief Yahya selalu mengawinkan teori-teori dengan implementasi lapangan. Ada alasan praktis, ada landasan teoritis, sehingga setiap langkah dan pergerakan tidak pernah lepas dari framework yang sudah disusun.

Sebagai doktor strategic management, Arief Yahya juga punya bekal ilmu branding. Karena itu pula Menpar Arief Yahya ditunjuk Presiden Joko Widodo menjadi ketua tim National Branding.

Pengalaman saat memimpin Telkom dan Komisaris Telkomsel juga sudah dibuktikan dengan melonjaknya brand pariwisata Wonderful Indonesia dari NA (not available) menjadi ranking 47 besar dunia. Mengalahkan Truly Asia Malaysia 96 dan Amazing Thailand 83. (*)

Tagged with:
DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free