Tampilan Desktop



Buaya Sepanjang Empat Meter di Kali Wanggu Ditangkap Warga Menggunakan Tali Jemuran
8258 Dibaca

Buaya Sepanjang Empat Meter di Kali Wanggu di Tangkap Warga Menggunakan Tali Jemuran

PENANGKAPAN BUAYA – Dari kiri ke kanan: Jaya, Sandi, Iren, Adan, Nuzul warga yang menangkap buaya berukuran empat meter lebih menggunakan tali jemuran, Minggu (19/3/2017). (Lukman Budianto/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM,KENDARI – Seekor buaya dengan panjang 4,35 meter, dan lingkaran perut 80 Cm diamankan warga. Buaya ini diamankan di Kali Wanggu, Jalan Perintis,   Kelurahan Lalolara, Kecamatan Kambu,  sekitar pukul 17.30  Wita, Minggu (19/3/2017) kemarin.

Buaya berjenis kelamin betina ini ditangkap oleh warga sekitar menggunakan perangkap yang dibuat dari tali jemuran.

Nuzul (20), warga Lorong Perintis yang menangkap buaya muara ini menceritakan, perangkap ia pasang sejak siang hari kemarin. Pengakuan Mahasiswa Penjaskesrek Universitas Haluoleo ini, buaya itu sering ia beri makan.

“Kita biasa kasi dia makan, caranya kita pukul-pukul air pakai kayu sampai dia naik baru kita buangkan makanan,” kata Nuzul di Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), pagi tadi.

Lanjut Nuzul, saat melakukan penangkapan, ia bersama tujuh orang temannya juga memakai cara itu. Setelah perangkap yang terbuat dari tali jemuran dipasang, air kemudian ia pukul-pukul untuk mengelabui buaya itu, seakan hendak diberi makan.

“Kita tangkap ini karena hampir setiap hari muncul. Kita takutkan nanti memakan korban karena di Kali Wanggu banyak anak kecil yang sering main,” jelas Nuzul

Saat ini buaya yang termasuk jenis dilindungi tersebut telah diamankan di BKSDA Sultra. Humas BKSDA Sultra, Prihanto mengatakan buaya yang berusia 15 tahun ini akan kembali dilepas di habitatnya.

“Kita akan melepasnya nanti. Mungkin di Rawa Opa. Karena disana kan jauh dari pemukiman warga,” kata Prihanto di ruangannya.

“Laporan warga, di Kali Wanggu itu masih ada tiga ekor buaya yang ukurannya lebih besar dari ini. Jadi kita menghimbau ke masyarakat untuk berhati-hati saat berada di kali,” jelas Prihanto. (A)

 

Reporter: Lukman Budianto
Editor: Tahir Ose

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free