Tampilan Desktop


Buka Prodi Sastra Perancis, Enam Dosen Lanjutkan Studi di University of La Rochelle
161 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari membentuk Program Studi (Prodi) baru Sastra Perancis, guna menghadapi era globalisasi dunia dan pasar bebas. Untuk mendukung keberhasilannya, enam orang dosen dikirim ke Perancis untuk melanjutkan studi di University of La Rochelle.

Akhmad Marhadi

Akhmad Marhadi

Wakil Dekan 1 Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Akhmad Marhadi mengungkapkan, Rektor UHO Usman Rianse telah menggagas program studi baru itu, mengingat bahasa asing selain bahasa Inggris sudah menjadi tolak ukur kemajuan sumber daya manusia (SDM).

” Mengembangkan Universitas Halu Oleo di masa depan agar melahirkan SDM yang berkualitas dan handal untuk bersaing di dunia global. Selain meningkatkan kerjasama investasi SDM juga akan mendekatkan kebudayaan dua negara yang berbeda terutama bahasa,” kata Akhmad Marhadi .

Pihaknya mengaku, telah melakukan kerjasama dengan University of La Rochelle Perancis. Enam orang dosen UHO telah dikirim ke Negara Mode tersebut. “Insyaa Allah, setelah menempuh pendidikan di sana, mereka akan siap mengajar,” ungkapnya.

Pihaknya juga telah mengantipasi pengajar di program studi tersebut. Saat ini telah disiapkan 4 pengajar yang diterima sebagai dosen tetap non PNS. Mereka berasal dari alumni Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) di Bandung bekerjasama dengan Institut Francais d’Indonesie (IFI) di Jakarta setelah melakukan tahap proses sosialisasi. Saat ini, mereka sudah berada di Kendari untuk mengajar di Sastra Perancis.

Mahasiswa yang terdaftar sebagai mahasiswa Sastra Perancis berjumlah 105 orang, dari 160 mahasiswa yang lolos seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN).

“Mereka telah melakukan penawaran mata kuliah, dan dari minggu lalu sudah aktif belajar,” ujar wakil dekan 1 FIB ini.

Selain mempersiapkan dosen, lanjut Akhmad, pihaknya juga akan berupaya memfasilitasi kepentingan mahasiswanya. (B)

 

Reporter : Sitti Nurmalasari
Editor      : Kiki

DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com