Buka STQ ke-5, Abu Hasan: Alquran Bukan Sekedar Hiasan dalam Lemari

0
Buka STQ ke-5, Abu Hasan: Alquran Bukan Sekedar Hiasan dalam Lemari
STQ 2017 - Bupati Buton Utara Abu Hasan sedang membawakan sambutan sekaligus membuka secara resmi STQ ke-5 tingkat kabupaten Butur di Lapangan Raja Jin, Rabu (15/2/2017) malam. (Irsan Rano/ZONASULTRA.COM)
Buka STQ ke-5, Abu Hasan: Alquran Bukan Sekedar Hiasan dalam Lemari
STQ 2017 – Bupati Buton Utara Abu Hasan sedang membawakan sambutan sekaligus membuka secara resmi STQ ke-5 tingkat kabupaten Butur di Lapangan Raja Jin, Rabu (15/2/2017) malam. (Irsan Rano/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Alquran merupakan pedoman bagi umat muslim. Dan pelaksanaan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) adalah salah satu ajang untuk meningkatkan dan membangun kembali semangat qurani.

Bupati Buton Utara (Butur) Abu Hasan mengatakan suasana STQ adalah momen untuk merenungkan kembali hakikat Alquran. Bagi umat Islam, lanjut dia, Alquran bukanlah sekedar pandangan, tetapi lebih pada pelaksanaan kewajiban manusia terhadap kitab suci itu sendiri.

“Alquran bukan sekedar pandangan, bukan sekedar koleksi, bukan sekedar hiasan dalam lemari,” kata Abu Hasan saat membuka kegiatan STQ ke-5 di Lapangan Raja Jin, Rabu (15/2/2017) malam.

Menurutnya, umat muslim setidaknya memiliki beberapa kewajiban terhadap Alquran, diantaranya membaca, menghafal, mengamalkan, mendakwakan, mentafsirkan, dan mengajarkan kepada orang lain. Oleh karena itu, dengan terlaksananya kegiatan tersebut, mental spiritual masyarakat dapat terbangun sehingga Alquran dapat dibumikan di daerah yang ia pimpin saat ini.

Menurutnya, pembangunan fisik material adalah hal yang sangat penting, namun ia menginginkan dalam waktu yang bersamaan juga terbangun mental sosial kulturan dan spiritual religiusitas.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Butur Ramadio menambahkan, sekiranya kegiatan tersebut dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang seni baca Alquran. Ia berharap dengan dilaksanakannya STQ, dapat melahirkan generasi yang unggul, cerdas, dan berakhlakul karimah. (B)

 

Reporter: Irsan Rano
Editor: Jumriati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here