Tampilan Desktop

Bulan Kesehatan Gigi Nasional, PDGI Kendari Gelar Sikat Gigi Massal Siswa SD
125 Dibaca

PDGI KENDARI - Suasana penyelenggaraan sikat gigi masal dalam rangka Bulan Kesehatan Gigi Nasional oleh siswa Sekolah Dasar Negeri 12 Kendari yang diadakan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) cabang Kendari, Selasa (11/10/2016). (Sitti Nurmalasari/ZONASULTRA.COM)

PDGI KENDARI – Suasana penyelenggaraan sikat gigi masal dalam rangka Bulan Kesehatan Gigi Nasional oleh siswa Sekolah Dasar Negeri 12 Kendari yang diadakan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) cabang Kendari, Selasa (11/10/2016). (Sitti Nurmalasari/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) cabang Kota Kendari, Sulawesi Tenggara bersama Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI) menggelar Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) di SDN 12 Kendari, Kelurahan Kendari Caddi, Kota Kendari, Selasa (11/10/2016).

Demi mensinergikan langkah menuju Indonesia bebas karies, PDGI mengadakan kegiatan penyuluhan kesehatan gigi dan mulut, pemeriksaan dan tindakan penambalan serta sikat gigi massal.

Kegiatan ini untuk mewujudkan senyum Indonesia yang lebih sehat, meningkatkan pentingnya kesehatan gigi dan mulut, dan peran orang tua dalam mengontrol kebiasaan anak dalam menjaga kondisi kesehatan gigi dan mulut.

“Melalui kegiatan BKGN yang diadakan di SDN 12 Kendari kami mengharapkan agar anak dan orangtua rutin melakukan pemeriksaan ke dokter gigi, untuk dapat mengurangi resiko gigi berlubang dan penyakit gusi,” kata Ketua PDGI cabang Kendari Gunawan Wibisono dalam sambutannya.

Sikat gigi massal yang diikuti 319 siswa SDN 12 Kendari dan melibatkan 83 dokter gigi dan 15 akademi kesehatan gigi ini diikuti dengan sangat antusias oleh para siswa. Sikat gigi massal tersebut dilakukan di halaman SDN 12 Kendari.

sikat_gigi_masal1Setelah melakukan kegiatan sikat gigi massal, para dokter gigi melakukan pemeriksaan dan tindakan penambalan terhadap siswa yang memiliki gigi berlubang.

Siswi kelas enam SDN 12 Kendari, Sri Manjasari mengatakan, saat dokter melakukan pemeriksaan terhadap giginya, dia disarankan rajin menggosok gigi pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur.

“Saya tidak takut gigiku diperiksa, dokter bilang rajin sikat dua kali sehari,” tuturnya saat ditanya Zonasultra.com setelah melakukan pemeriksaan gigi.

Siswi lainnya, Cinta yang masih duduk di bangku kelas satu, mengaku sedikit takut dan grogi saat giginya ditambal. Namun ia mengungkap saat giginya ditambal tidak terasa sakit.

Selain menyelenggarakan kegiatan BKGN di sekolah, panitia juga menggelar pemeriksaan serupa di dua posyandu, yaitu Permata Indah di Kelurahan Mata dan posyandu lestari I dan II Kelurahan Kendari Caddi.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari, Camat Kendari, Kepala Puskesmas Mata dan dokter gigi se-Kota Kendari. (A)

 

Reporter : Sitti Nurmalasari
Editor: Jumriati

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com